Advertisement

Sumatra Utara Jadi Jawara Pesparawi Nasional XIII

Galih Eko Kurniawan
Senin, 27 Juni 2022 - 05:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Sumatra Utara Jadi Jawara Pesparawi Nasional XIII Penutupan Pesparawi Nasional XIII di JEC, Minggu (26/6/2022). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kontingen Sumatra Utara merebut Juara Umum Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII dengan perolehan 12 medali emas dan berhak membawa pulang Piala Bergilir Presiden.

Pesparawi Nasional XIII yang digelar sejak Senin (20/6/2022) secara resmi ditutup pada Sabtu (25/6/2022) oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, yang diwakili Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI, Pontus Sitorus, di JEC, Minggu (26/6/2022).

Advertisement

Penetapan Sumatra Utara sebagai juara umum dilakukan melalui voting tertutup dan Sumatra Utara memperoleh suara terbanyak dengan 21 suara dari total keseluruhan 38 suara.

Dalam penutupan, Wakil Gubernur DIY sekaligus Ketua Umum Pesparawi Nasional XIII, KGPAA Paku Alam X, menyampaikan apresiasi mendalam terhadap segenap elemen yang terlibat sehingga seluruh rangkaian perhelatan Pesparawi Nasional XIII dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Atas nama seluruh panitia, baik pusat maupun daerah, dengan tulus kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama semua pihak dan juga permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika dalam penyelenggaraan Pesparawi Nasional XII ada beberapa hal yang kurang berkenan,” ujarnya, Minggu.

Pontus mengatakan Pesparawi merupakan salah satu bentuk kegiatan kerohanian yang sekaligus memperhatikan, menghargai dan mendorong pengembangan seni budaya yang bernapaskan keagamaan di Indonesia

Pesparawi Nasional XIII mempertandingkan 12 kategori lomba, yaitu Solo Anak (7-9 tahun), Solo Anak (10-13 tahun), Paduan Suara Anak (7-13 tahun), Solo Remaja Putri, Solo Remaja Putra, Vocal Group Remaja, Paduan Suara Remaja, Paduan Suara Dewasa Wanita, Paduan Suara Dewasa Pria, Paduan Suara Dewasa Campuran, Musik Pop Gerejawi (MPG) dan Musik Gerejawi Nusantara (MGN).

Pesparawi Nasional XIII yang diselenggarakan masih dalam masa pandemi ini digelar dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi melalui sebuah aplikasi Pesparawi Nasional XIII yang tersedia dalam sistem operasi Android dan iOs.

Selama penyelenggaraan, aplikasi yang berisi informasi tentang peserta, lokasi dan jadwal pertandingan serta fitur live streaming ini telah diunduh lebih dari 10.000 pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement