Advertisement

Asyik…Dishub Sleman Akan Uji Coba Bus Sekolah Mulai Desember 2022

Anisatul Umah
Senin, 27 Juni 2022 - 13:07 WIB
Bhekti Suryani
Asyik…Dishub Sleman Akan Uji Coba Bus Sekolah Mulai Desember 2022 Foto ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman menargetkan akan melakukan uji coba bus sekolah pada Desember 2022. Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Dishub Sleman, Marjana mengatakan bus yang akan diuji coba berjumlah satu unit, bantuan dari Kementerian Perhubungan.

Dia mengatakan saat ini sedang disiapkan Surat Keputusan (SK) Bupati karena bus sekolah ini akan digratiskan. Draft SK sudah ada dan sedang dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan mengenai rutenya.

"Draftnya nanti kami bahas, koordinasi dengan Dinas Pendidikan. Busnya satu nanti harapan kita banyak sekolah bisa dilewati," ucapnya kepada Harianjogja.com, Senin (27/06/2022).

BACA JUGA: Pria Prambanan Sleman Ini Jadikan Larva Lalat Hitam Jadi Sumber Penghasilan

Menurutnya Dishub juga tengah melakukan kesiapan anggaran operasional seperti untuk BBM-nya, karena sebelumnya belum dianggarkan. Meski baru satu bus diharapkan bisa membantu masyarakat.

"Ya kalau bisa akhir tahun ini [uji coba] bisa terlaksana. Insyaallah [Desember] ini harapan kita. Kapasitas 16 tempat duduk," tuturnya.

Marjana menjelaskan, bus sekolah ini sudah ada sejak 2019, sampai ke Dishub Sleman di 2020. Setelah itu proses balik nama dan lainnya. Namun karena kendala pandemi, bus sekolah ini belum dioperasionalkan.

"2020 belum bisa dioperasionalkan pandemi sampai 2021," lanjutnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Arip Pramana. Penundaan pengoperasian bus sekolah ini dampak dari pandemi dan pembelajaran dilakukan secara daring.

"[untuk uji coba] sedang dikomunikasikan dengan Dinas Pendidikan sleman. Guna dilakukan uji cobanya dan penyusunan kebijakan payung hukumnya," jelasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

ICJR Desak Ferdy Sambo Cs Dijerat Pidana Pembunuhan Berencana, Tak Hanya Sanksi Etik

News
| Rabu, 10 Agustus 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kedung Pengilon, Tak Hanya Jadi Tempat Wisata, Tapi untuk Ritual

Wisata
| Rabu, 10 Agustus 2022, 19:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement