Advertisement

60 Komunitas Penanggulangan Bencana Peroleh Pembinaan BPBD Sleman

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
60 Komunitas Penanggulangan Bencana Peroleh Pembinaan BPBD Sleman Salah satu adegan saat digelarnya simulasi bencana gempa bumi di Lapangan RW 14, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Minggu (21/4/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebanyak 60 komunitas relawan penanggulangan bencana di wilayah Sleman mendapatkan pembinaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman. Kegiatan tersebut digelar di Aula Unit I Pemkab Sleman.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan menjelaskan pembinaan tersebut merupakan kegiatan yang wajib dilakukan berdasarkan peraturan Kepala BNPB No.17/2011. Makwan menuturkan terdapat sebanyak 60 komunitas relawan di Sleman yang akan mendapatkan pembinaan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Kegiatan pembinaan dilakukan sebanyak lima sesi. Dalam setiap sesinya kami menghadirkan 12 komunitas relawan dan setiap komunitas diwakili 10 orang relawan," jelasnya, Sabtu (2/7/2022).

Materi pembinaan diisi dengan sosialisasi terkait dengan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan dan program kerja BPBD Sleman yang melibatkan komunitas relawan. "Tujuannya untuk meningkatkan koordinasi dan kapasitas para relawan kebencanaan di Sleman," katanya.

Baca juga: Kode QR untuk Beli BBM Bersubsidi Juga Akan Diterapkan di SPBU Sleman

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan kegiatan pembinaan komunitas relawan penanggulangan bencana itu penting karena Sleman termasuk daerah rawan bencana yang disebabkan oleh karakteristik geologis, topografis, klimatologis, demografis maupun sosiologis.

"Pemkab terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas seluruh masyarakat, termasuk para anggota komunitas relawan utamanya pada wilayah yang memiliki rawan akan potensi kebencanaan," katanya.

Pemkab, lanjutnya, melalui BPBD juga terus berupaya untuk memberikan penghargaan kepada para relawan yang telah memberikan kontribusi nyata dan terlibat langsung dalam mitigasi bencana maupun penanggulangan bencana seperti Covid 19.

Advertisement

"Salah satunya dalam wujud pembinaan komunitas relawan penanggulangan bencana ini. Saya berharap melalui sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dan program kerja BPBD Sleman ini, sinergi dan koordinasi dalam setiap upaya penanggulangan bencana terus ditingkatkan," jelasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca DIY: Siang dan Malam Berawan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement