Advertisement

Ini Saran DPRD DIY Soal Kasus Rusuh Babarsari

Sunartono
Rabu, 06 Juli 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Saran DPRD DIY Soal Kasus Rusuh Babarsari Lokasi bekas kerusuhan di Babarsari-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--DPRD DIY ikut merespons terkait kerusuhan antar kelompok yang terjadi di Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman. Penegakan hukum perlu dikedepankan untuk menuntaskan kasus tersebut. Pernyataan itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, Rabu (6/7/2022).

Eko Suwanto berharap akar persoalan yang menyebabkan konflik di Babarsari bisa terselesaikan sehingga bentrok serupa tidak terjadi lagi ke depan. Menurutnya semua pihak harus berkomitmen untuk mewujudkan rasa aman dan damai di seluruh wilayah DIY. Mengingat posisi Jogja sangat penting, selain sebagai salah satu kota tujuan wisata, juga sebagai kota pendidikan.

“Kami tentu mengapresiasi kepada semua pihak yang berkomitmen untuk mendamaikan mereka yang terlibat dengan bertemu langsung. Karena inisiatif damai ini juga penting untuk penyelesaian konflik sekaligus memulihkan situasi dan kondisi agar tercipta rasa aman dan nyaman,” kata Eko, Rabu.

BACA JUGA: Virus Corona Masih Bertebaran, 18 Warga Bantul Positif  Covid-19

Meski demikian, Eko mendorong agar aparat tetap melanjutkan proses hukum terhadap pelaku tindak kekerasan itu secara tegas dan adil. Setiap tindakan pelanggaran hukum harus ada penanganan lebih lanjut, apalagi dalam kasus tersebut ada korban dan ada kerusakan.

“Jadi sudah sepatutnya untuk diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Apapun motifnya, pelaku perusakan dan pelanggaran hukum harus di proses aparat penegak hukum,” katanya.

Semua pihak perlu saling menahan diri dan memahami. Jika ada persoalan sebaiknya didiskusikan sehingga dampaknya tidak berkepanjangan dan menimbulkan konflik. Mengingat Babarsari termasuk kawasan pusat perekonomian yang ada di DIY, jika terjadi kerusuhan dikhawatirkan akan berdampak pada pergerakan ekonomi warga sekitar.

“Semoga situasi setelah bentrokan ini bisa kondusif seterusnya, agar tetap nyaman dan aman sehingga warga bisa beraktivitas seperti biasa,” ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Catat! Ini Link Live Streaming Indonesia vs Vietnam di Final Piala AFF U-16

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement