Advertisement

KPU DIY Bertekad Wujudkan Pemilu Berintegritas

Nugroho Nurcahyo
Senin, 11 Juli 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
KPU DIY Bertekad Wujudkan Pemilu Berintegritas Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan (tiga kiri) saat menerima kunjungan tim Harian Jogja, Senin (11/7/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY bertekad mewujudkan Pemilu 2024 sebagai pemilu yang berintegritas. Untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas dibutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk kalangan media massa.

“Kami ingin Pemilu 2024 mendatang menjadi pemilu yang beritegritas, dalam arti pemilu tersebut partisipasi pemilihnya tinggi, pelaksanaannya aman dan juga benar-benar demokratis,” ujar Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan yang didampingi anggota KPU, Siti Ghoniyatun saat menerima kunjungan tim Harian Jogja, Senin (11/7/2022).

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Akan Dilengkapi Jalur Sepeda, Pertama di Pulau Jawa

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Hamdan mengatakan untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas maka dibutuhkan komitmen dan kerja sama dari semua pihak seperti penyelenggara pemilu yang menjalankan pesta demokrasi sebaik-baiknya, partai politik peserta pemilu serta masyarakat. 

“Media massa juga memiliki peran yang sangat penting dalam menyukseskan pemilu. Media massa merupakan pilar keempat demokrasi sehingga media juga punya andil dalam kesuksesan pemilu. Media bisa memberikan edukasi politik kepada masyarakat dan juga turut dalam menyampaikan proses atau tahapan pemilu,” ujar Hamdan.

Hamdan juga berharap media bisa memberikan berita yang berimbang dan bisa memberikan informasi yang akurat terkait dengan pemilu dan sekaligus bisa menangkal berita bohong atau hoaks. Hamdan menduga kabar bohong masih menjadi ancaman dalam pesta demokrasi. “Seperti tahun 2019 lalu ketika banyak muncul hoaks terkait dengan pemilu. Dan pada 2024 nanti kami menduga pola-polanya masih akan sama. Tentu saja masyarakat harus berhati-hati dan jangan sampai mendapat informasi yang tidak benar. Di sini media juga memiliki peran dalam menyampaikan informasi yang benar dan akurat,” imbuh Hamdan.

Terkait pemilih muda, Hamdan mengaku generasi muda harus hadir dalam pesta demokrasi dengan memberikan hak suaranya. Kalau perlu, kata Hamdan, anak-anak muda yang telah memiliki hak pilih bisa terlibat dalam penyelenggaraan pemilu seperti menjadi anggota KPPS. Dengan terlibat secara langsung maka akan memberikan pendidikan politik dan kontribusi nyata dari generasi muda dalam pesta demokrasi. 

“Selama ini kebanyakan orang-orang dewasa, akan lebih bagus lagi jika melibatkan anak-anak muda,” ungkap dia.

Siti Ghoniyatun mengatakan KPU DIY bertekad mewujudkan pemilu yang berintegritas. Pelaksanaan dilaksanakan secara jujur, adil dan fair

Advertisement

“Pemilu yang sukses adalah pemilu yang berintegritas. Angka partisipasi pemilihnya bagus, pelaksanaannya aman dan demokratis. Media juga memberitakan secara adil dan imparsial,” ujar Siti Ghoniyatun.

BACA JUGA: Cek Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh Terbaru, Berlaku 17 Juli 2022

Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton W Prihartono mengatakan Harian Jogja memiliki komitmen dan tanggung jawab sosial dalam menyukseskan Pemilu 2024. Maka dari itu, Harian Jogja siap bekerja sama dengan KPU DIY untuk memberikan edukasi politik kepada masyarakat sehingga komitmen untuk menciptakan pemilu yang berintegritas bisa terwujud.

Advertisement

“Banyak ruang-ruang yang bisa dimanfaatkan baik Harian Jogja cetak, online maupun Star FM,” ujar Anton.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement