Advertisement

Viral Penumpang Kereta Api Protes, Naik Fajar Utama dapat Gerbongnya Begini...

Bernadheta Dian Saraswati, Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 13 Juli 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Viral Penumpang Kereta Api Protes, Naik Fajar Utama dapat Gerbongnya Begini... Foto ilustrasi. - dok Humas Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Seorang penumpang kereta api protes karena mendapatkan fasilitas yang tidak sesuai dengan harga tiket yang dibayarkan. Ia memesan tiket KA Fajar Utama tetapi menempati gerbong kereta dan fasilitas setara kelas ekonomi. 

Penumpang dengan akun Rismania itu melayangkan protesnya melalui akun Twitter @Rismania. Dengan berani, ia juga menandai akun Twitter PT KAI @KAI121 dalam cuitannya.

Awalnya, ia bersama anaknya memesan tiket KA Fajar Utama. Mengetahui akan naik kereta, anaknya sudah sangat antusias hingga sengaja mengenakan kaus bergambar kereta api. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun kegembiraan itu berubah menjadi kecewa setelah mengetahui isi gerbong kereta Fajar Utama yang ditumpangi. "Anak saya sedih kecewa, udah pake baju kereta, pas naik beli tiket Fajar Utama tapi dapet kelas gerbongnya yang ini @KAI121 tanpa pemberitahuan awal," tulisnya dikutip Harianjogja.com, Rabu (13/7/2022). 

Baca juga: Musim Libur, Layanan Kereta Api Relasi Jogja Ditambah

Dalam foto, seorang anak kecil tampak duduk melihat pemandangan di balik jendela kereta. Saat itu ia duduk di kursi penumpang warna coklat muda yang mirip dengan kursi kereta kelas ekonomi sandaran tegap. 

Rismania mengaku kecewa karena menurutnya tiket yang sudah dibayarkan hampir setara tiket kereta eksekutif. "Padahal harga yang dibayar hampir setara gerbong eksekutif. Boleh dibantu respon baiknya @KAI121?" tanyanya kepada PT KAI. 

Sontak cuitan itu langsung mendapat banyak respons dari warganet. Hingga berita ini ditulis pada Rabu (13/7/2022) pagi, cuitannya sudah diretweet 4.251 kali, disukai lebih dari 30.000, dan mendapat ribuan komentar. 

Ada yang berkomentar seat atau tempat duduknya seperti kelas ekonomi. "Seat siku2 90°," tulis salah satu akun. 

Advertisement

"Wkwk kyk ekonomi 74rebu, dengkul ketemu dengkul [lutut ketemu lutut]," timpal lainnya. 

Ada pula yang memberi saran kepada PT KAI. "Dear @KAI121 dan Pak @mas_didiek alangkah baiknya KA #FajarUtamaYk 143 dan #SenjaUtamaYk 142 apabila masih menggunakan rangkaian K3 Ac dan K1 non Stainless Steel, lebih baik dinamai KA #Bogowonto agar penumpang tidak merasa di-Prank. Terimakasih," tulis salah satu akun. 

Respon KAI

Advertisement

Merespon hal tersebut Manager Humas PT KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan bahwa KA Fajar Utama saat ini menggunakan rangkaian kelas eksekutif dan ekonomi. “Untuk penggunaan rangkaian kereta ekonomi SS [Stainless Steel] maupun ekonomi lainnya [K3 AC Package], bahwa dalam hal ini tidak ada penurunan pelayanan, masih sama-sama layanan kelas ekonomi,” ucap Supriyanto.

Supriyanto mengatakan terkait hal yang dikeluhkan aku @rismania tersebut dikarenakan perputaran sarana yang dioperasikan sehingga ada perubahan sarana yang digunakan dengan tetap sesuai standar layanan yang ditetapkan. “Kalau yang SS itu kursinya single-single. Kalau yang satunya dua-dua duduknya. Ekonomi kapasitas ada isi 106 ada 80. Harganya sama saja,” ujarnya.

Dia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan kereta api, dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada transportasi kereta api. “KAI tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api beserta penumpang yang ada di dalam kereta,” ujarnya.

Melalui akun Twitter @KAI121, KAI juga sempat mengklarifikasi keluhan tersebut. "Selamat siang Kak dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Apabila yang dimaksud perjalanan kereta rute dari Stasiun Yogyakarta-Pasar Senen dengan menggunakan KA #FajatUtamaYK, berdasarkan hasil koordinasi dengan unit terkait bahwa mulai akhir Juni 2022, menggunakan rangkaian ekonomi dirjen dengan formasi tempat duduk 2-2 berhadapan. Sekali lagi Railmin mohon maaf atas ketidaknyaman yang dialami. Trims,” tulis KAI.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement