Advertisement

Pemkab Gunungkidul Buka Lowongan 3 Kepala OPD

David Kurniawan
Rabu, 13 Juli 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Gunungkidul Buka Lowongan 3 Kepala OPD ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) di lingkup Pemkab Gunungkidul membuka pendaftaran lowongan untuk ketiga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pendaftaran sudah dibuka mulai 11-18 Juli 2022.

Ketiga OPD yang dilelangkan meliputi jabatan Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja; Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Iskandar mengatakan, bupati telah membentuk panitia seleksi untuk pengisian lowongan JPT di lingkup Pemkab Gunungkidul. Tindak lanjut dari pembentukan dilakukan pengumuman tahapan seleksi mulai dari pengumuman yang dilanjutkan pendaftaran calon peserta lelang.

“Sudah kami umumkan di laman resmi Pemkab Gunungkidul. Sekarang juga sudah mulai pendaftaran,” kata Iskandar kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Menurut dia, pendaftaran sudah dibuka sejak 11 Juli dan akan berlangsung hingga 18 Juli mendatang. Seleksi ini terbuka secara umum dan dapat diikuti oleh kalangan pegawai yang memenuhi persyaratan, sesuai dengan persyaratan dari pansel. “Seleksi kali ini ada tiga lowongan yang dibuka,” ujarnya.

Iskandar tidak menampik hingga saat ini ada lima jabatan kepala OPD yang masih kosong. Kelima jabatan tersebut meliputi Inspektur Inspektorat Daerah; Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja; Dinas Lingkungan hidup. Adapun dua jabatan lainnya, yakni Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Baca juga: 5 Jabatan Kepala OPD di Gunungkidul Masih Kosong

Meski demikian, dalam lelang kali ini tidak semua lowongan dibuka. Pasalnya, hanya posisi Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM dan Tenaga Kerja; Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan diisi.

Iskandar berdalih pengisian tidak dilakukan serentak karena ada beberapa posisi yang butuh persyaratan khsusus seperti inspektur inspektorat daerah sehingga proses membutuhkan waktu yang lebih. “Jadi yang diisi tiga lowongan dulu,” katanya.

Ketua Pansel JPT di lingkup Pemkab sekaligus Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan, sudah ada jadwal untuk seleksi JPT yang masih kosong. Tahap awal sudah dilakukan pengumuman serta pendaftaran calon peserta seleksi.

Rencananya setelah pendaftaran ditutup dilajutkan ke proses seleksi administrasi. Peserta yang lolos berhak mengikuti seleksi dengan asesmen center. Di setiap lowongan akan dipilih tiga kandidat untuk dipilih bupati guna menduduki jabatan yang dilelangkan.

Hanya saja, sambung dia, untuk bisa terpilih dalam tiga besar harus lolos beberapa tes mulai dari penulisan makalan, uji gagasan hingga penelusuran rekam jejak dan tes kesehatan. “Sudah ada jadwalnya dan diharapkan di pertengahan Agustus tahapan seleksi sudah selesai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lawan Saparatisme di Papua, Panglima Yudo: TNI Angkat Senjata

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 07:07 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement