Advertisement

Kraton & Pakualaman Serahkan Syarat Penetapan Gubernur dan Wagub DIY

Sunartono
Selasa, 19 Juli 2022 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
Kraton & Pakualaman Serahkan Syarat Penetapan Gubernur dan Wagub DIY Pimpinan DPRD DIY, perwakilan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Pura Pakualaman berfoto bersama seusai penyerahan persyaratan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Senin (18/7/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perwakilan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pura Pakualaman menyerahkan persyaratan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY kepada DPRD DIY, Senin (18/7/2022). Proses pembahasan Pansus Penetapan Gubernur dan Wagub DIY ditargetkan rampung pada 9 Agustus 2022.

Kraton Ngayogyakarta diwakili oleh Penghageng KHP Datu Dana Suyasa, GKR Mangkubumi, dan Penghageng Kawedanan Puraraksa, KRT Suryahadininngrat, sedangkan dari Pakualaman diwakili oleh GPH Wijoyo Harimurti dan Bendara Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro. Keluarga Kraton juga didampingi oleh sejumlah pejabat dari Pemda DIY, salah satunya Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho.

DPRD DIY diwakili jajaran pimpinan serta para anggota Pansus Penetapan Gubernur dan Wagub DIY.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Sesuai dengan amanat UU Keistimewaan DIY, Sri Sultan HB X selaku Raja Kasultanan Ngayogyakarta serta KGPAA Paku Alam X dari Pura Pakualaman akan ditetapkan kembali sebagai Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027.

GKR Mangkubumi menjelaskan kedatangannya ke DPRD DIY untuk menyerahkan persyaratan penetapan Gubernur DIY untuk diverifikasi. “Kami hari ini [kemarin] memberikan dokumen yang jadi syarat, tentunya kami serahkan kepada DPRD DIY untuk memverifikasi dan sebagainya,” katanya di DPRD DIY.

Ia berharap proses penetapan menuju pelantikan Gubernur dan Wagub DIY bisa berjalan lancar. “Harapannya semuanya lancar, semuanya diberikan kesehatan itu yang paling penting,” ujarnya.

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho mengatakan Pemda DIY akan mengikuti proses di Pansus dalam pembahasan penetapan Gubernur dan Wagub DIY. Jadwal pembahasan di rapat pansus sudah disepakati bersama antara Pemda DIY dengan DPRD DIY. “Kemarin baru [pansus] tatib sudah selesai, setelah itu pembentukan pansus [penetapan] kemudian proses sesuai jadwal sudah disepakati jadwalnya,” ujarnya.

Ia berharap proses bisa berjalan sesuai jadwal sehingga pada 9 Agustus 2022 sudah selesai agar bisa segera diajukan ke Pusat. “Semoga nanti berjalan sesuai jadwal, jadi tanggal 9 Agustus 2022 itu diusulkan [ke Pusat] lalu tanggal 10 betul-betul sesuai target ada penetapan dari Presiden,” katanya.

Ketua DPRD DIY, Nuryadi, mengatakan setelah menerima sejumlah persyaratan akan dicek secara detail. “Kami akan lebih detail, kalau kami lihat dari 16 persyaratan sudah kami terima semua. 16 item semua, tinggal kami dalami, target selesai tanggal 9 Agustus 2022,” ucapnya.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, menegaskan sesuai jadwal, pada 9 Agustus pengecekan sudah selesai sehingga Gubernur dan Wagub DIY telah ditetapkan. Di luar itu DPRD DIY membahas pansus terkait dengan laporan pertanggungjawaban Gubernur DIY. “Hari ini diserahkan syarat lalu diverifikasi kemudian kami menyelenggarakan paripurna pemaparan visi misi. Sehari kemudian fraksi memberikan tanggapan setelah itu dikirim ke pusat, sudah selesai,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement