Advertisement

Luar Biasa! Baru 3 Bulan Tahun Ini, Pengunjung Perpustakaan Bantul Tembus 47.000 Orang

Lugas Subarkah
Selasa, 19 Juli 2022 - 07:17 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Baru 3 Bulan Tahun Ini, Pengunjung Perpustakaan Bantul Tembus 47.000 Orang Tampak depan Perpustakaan Bantul. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Selama dua tahun masa pandemi Covid-19, berbagai pembatasan diterapkan di Perpustakaan Bantul. Kunjungan pun sempat merosot. Mulai awal 2022 ini, kunjungan warga ke Perpustakaan Bantul sudah perlahan meningkat.

Kepala Perpustakaan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta menjelaskan sepanjang 2021 pengunjung yang datang hanya sekitar 5.500 orang. Sementara pada 2022, pada tiga bulan awal saja sudah ada sebanyak 47.000 pengunjung. “Rata-rata sekitar 17.000 pengunjung per bulan,” katanya, Senin (18/7/2022).

Selain layanan di kantor, Perpustakaan Bantul juga membuka layanan berupa perpustakaan keliling yanga saat ini total ada sebanyak tujuh armada, satu di antaranya merupakan bantuan dari Perpusnas. “Pengunjung layanan keliling ada 23.000,” kata dia.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

BACA JUGA: Pembangunan SPBU di Bantul Ditolak Warga

Perpustakaan keliling dalam armada yang diberikan Perpusnas memiliki fasilitas yang lebih komplet seperti buku fisik, buku digital, layanan sirkulasi online hingga menonton film.

“Sementara ini masih untuk event tertentu, permintaan masyarakat. Misal kayak beberapa hari lalu untuk acara Sunday Morning di Trimulyo itu, kami hadir di sana,” katanya.

Perpustakaan Bantul saat ini memiliki sebanyak 44.000 judul buku dengan jumlah total sebanyak 140.000 eksemplar. Sementara untuk buku digital saat ini baru ada sekitar 2.000 judul. “Kami sediakan 2.000 judul lebih,” kata dia.

Selain layanan di kantor dan perpustakaan keliling, Perpustakaan Bantul juga mendukung keberadaan perpustakaan komunitas atau taman baca masyarakat (TBM) untuk meningkatkan budaya literasi dan minat baca masyarakat.

Di Bantul saat ini tercatat ada 95 TBM yang tersebar di seluruh kapanewon. Perpustakaan Bantul mendukung TBM dengan memberikan stok buku untuk tambahan koleksi di setiap TBM. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement