Advertisement

UAD Kuatkan Pengolahan Sampah di Gunungkidul

Sirojul Khafid
Rabu, 20 Juli 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
UAD Kuatkan Pengolahan Sampah di Gunungkidul Penguatan pengelolaan sampah oleh UAD di Desa Semanu Kabupaten Gunungkidul, belum lama ini.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melalui program pengabdian masyarakat berupaya mengutakan pengolahan sampah di Gunungkidul, DIY. Bertempat di Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM) Gurami Desa Semanu Kabupaten Gunungkidul, pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Tri Budiyanto. Adapun para anggotanya yaitu Endah Utami dan Ika Dyah Kumalasari.

Saat ini, program penanggulangan sampah menjadi salah satu konsen dari Pemerintah. Program-program pengurangan timbulan sampah dan pengelolaan sampah banyak digiatkan oleh Pemerintah Kabupaten, seperti pengelolaan sampah mandiri, bank sampah, ataupun TPS-3R.

Rangkaian penguatan pengelolaan sampah ini diawali dengan penyuluhan terkait manajemen organisasi Bank Sampah oleh narasumber Endah Utami. Selanjutnya pada 16 Juli 2022 adapula penyuluhan terkait Pemilahan Sampah dan Penataan Layout yang Ergonomis.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga diikuti oleh lima mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM). Sehingga kegiatan mahasiswa tersebut dapat dikonversi kedalam matakuliah. Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Pusat Studi Energi dan Lingkungan serta Green Campus Community Universitas Ahmad Dahlan,” kata Tri dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja belum lama ini.

BACA JUGA: BPD DIY dan UAD Perluas Kerja Sama, Layanan Digital Jadi Fokus

Pengabdian ini terlaksana juga berkat dana hibah dari program kemitraan masyarakat Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Harapan dari program pengabdian masyarakat ini yaitu dapat merancang sistem pengelolaan sampah pada KPSM Gurami serta dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengolahan,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Senin, 3 Oktober 2022

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement