Advertisement

Produk Unggulan Global Gotong Royong Tetrapreneur Diekspos

Media Digital
Jum'at, 22 Juli 2022 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Produk Unggulan Global Gotong Royong Tetrapreneur Diekspos Pemda DIY. - Harian Jogja/Dok

Advertisement

JOGJA—Sekretariat Global Gotong Royong Tetrapreneur dan Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY berencana menggelar Expose Produk Unggulan G2RT di Bangsal Wiyotoprojo Kompleks Kepatihan Setda DIY pada Senin (25/7/2022).

Acara ini bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk dari desa-desa G2RT Tetra 1 juga untuk desa-desa Tetra 2, Tetra 3, Tetra 4 dan Desa Pelopor. Selain itu, penyelenggaraan expose ini merupakan bagian dari kurasi produk oleh mitra/calon mitra. Sama seperti tahun sebelumnya, Biro Bermas menggandeng Desa/Kalurahan Mandiri Budaya yang berada di bawah naungan Dinas Koperasi dan UMKM DIY.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan di ruangan tertutup, tahun ini Sekretariat memilih menyelenggarakan di ruang terbuka. Diharapkan kegiatan ini dapat dikunjungi oleh para staf di lingkungan Kepatihan DIY serta masyarakat umum dan wisatawan yang sedang mengunjungi wilayah Kepatihan dan Malioboro.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Rika Fatimah, selaku konseptor dan inisiator G2RT mengatakan bahwa akan ada 24 desa G2RT berstatus Tetra 1 hingga Tetra 4, serta Desa Pelopor seperti Wukirsari dan Girirejo. Menurut Rika Fatimah, desa-desa tersebut sudah mengalami pasang surut tim inti, keuangan, kondisi mental dan spiritual dari 2018 hingga 2022 sekarang. "Saya berharap di tahun ini untuk desa pelopor ini sudah dapat ekspor ke Singapura, Turki dan Mesir seperti rencana awal tahun", ungkap Rika Fatimah.

Total desa/kalurahan G2R Tetrapreneur sendiri adalah 26 desa/ kalurahan dengan 86 produk unggulan. Desa Tetra 1 terdiri dari Kalurahan Sumberrejo, Kalurahan Kalirejo, Kalurahan Warungboto, Kalurahan Patehan, Kalurahan Cokrodiningratan. Desa Tetra 2 yaitu Kalurahan Wedomartani, Kalurahan Giring, Kalurahan Dlingo, Kalurahan Margodadi, Kalurahan Sendangsari, Kalurahan Donoharjo, Kalurahan Karangwuni, Kalurahan Salamrejo, Kalurahan Banaran. Untuk desa Tetra 3 yaitu Kalurahan Trimurti, Kalurahan Sendangmulyo, Kalurahan

Banjarharjo, Kalurahan Kemadang, dan Kalurahan Panggungharjo. Sedangkan untuk Desa Tetra 4 yaitu Kalurahan Pagerharjo, Kalurahan Putat, Kalurahan Bejiharjo, Kalurahan Sabdodadi, dan Kalurahan Bangunkerto.

Kegiatan Expose ini merupakan salah satu kegiatan tes pasar yang menghadirkan para mitra, baik dari industri maupun komunitas dan organisasi untuk melakukan kurasi atau memberikan penilaian baik dari segi rasa, tampilan produk, dan kemasan. Perwakilan mitra ini merupakan perwakilan dari pasar untuk melakukan pemetaan atau mapping mengenai selera pasar, baik dari standar rasa, bentuk, kemasan, dan harga. Harapannya adalah penilaian ini akan menjadi bahan perbaikan bagi produk-produk unggulan Desa G2R Tetrapreneur.

Expose akan dibuka secara resmi oleh Sukamto, Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat, Sekretariat Daerah DIY. Expose juga akan dihadiri oleh GKR Mangkubumi (Ketua Kadin DIY), Abu Yazid (Kepala Bagian Standardisasi dan Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda DIY), Srie Nurkyatsiwi, (Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY), Ika Dewi Ana (Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada) R. Suharyadi (Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada), Eni Harmayani (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM).

Advertisement

Kemudian ada Pimpinan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY, Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) DIY, M. Tazbir Abdullah (Dewan Penasehat MES DIY), Arida Oetami (Ketua Dewan Penelitian DIY), Pimpinan Bank Indonesia KPw DIY, Pimpinan Astra Honda Motor, Rochmat Wahab (Dewan Penasehat ICMI Orwil DIY), Herry Zudianto (Dewan Penasehat ICMI Orwil DIY), Wawan Harmawan (Ketua Umum ISMI DIY), Mursida Rambe (Ketua Halal Club Yogyakarta), Shofiyullah Muzzamil (Ketua Majelis Pengurus Wilayah ICMI DIY), Ridwan (Ketua PPHI DIY)

Expose juga turut mengundang Muhammad Riduan, (Ketua Bidang Perekonomian & Kewirausahaan ICMI DIY), Ketua Forum CSR, Pimpinan Transmart Carrefour, Pimpinan Ambarrukmo Plaza, Pimpinan Jogja City Mall (JCM), Pimpinan Pamela Swalayan, Pimpinan SL Corp, Pimpinan SiLoL Kopi & Eatery, Pimpinan Baitul Maal Muamalat  DIY, Irsyam Sigit Wibowo (Pimpinan Omah Dhuwur), Ketua Harley Davidson Club Indonesia Yogyakarta, Ketua KEMI, Ketua WIPI Arif Budiono (Toko Hasil Tani), Ivan Lanovara (Global Halal Indonesia GHI), Pril Huseno (World Halal Industry & Trade Alliance WHITA), serta Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UGM. Sedianya, saluran TV milik pemda DIY, Jogja Istimewa TV akan meliput kegiatan expose 2022 ini. (***)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sabu Senilai Rp1 Miliar Disita, Bandar dan Kurir Sabu Digelandang

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement