Advertisement

Proyek Pedestrian di Jalan Senopati Jogja Ditarget Tuntas Tahun Ini

Newswire
Senin, 25 Juli 2022 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Proyek Pedestrian di Jalan Senopati Jogja Ditarget Tuntas Tahun Ini Jalur pedestrian Malioboro, Jogja, Rabu (9/2/2022). - Harian Jogja/Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Jogja mulai merevitalisasi pedestrian di Jalan Senopati untuk mendukung kawasan wisata Malioboro, ditargetkan selesai pertengahan Desember.

“Pekerjaan sudah mulai dilakukan dan sesuai tata kala, maka pekerjaan diharapkan sudah selesai pertengahan Desember,” kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Hasri Nilam Baswari di Jogja, Senin (25/7/2022).

Advertisement

Menurut dia, pekerjaan revitalisasi pedestrian di Jalan Senopati langsung dilakukan bersamaan untuk kedua sisi trotoar, baik di sisi utara dan selatan jalan.

Dalam pekerjaan tersebut, tidak dilakukan pelebaran ukuran trotoar dan tetap menggunakan ukuran eksisting seperti saat ini yaitu rata-rata sekitar 4,5 meter.

BACA JUGA: Hasil Lab UGM: Omicron Varian Baru BA.5 Mendominasi Kasus Covid-19 DIY

Konsep revitalisasi disesuaikan dengan revitalisasi pedestrian yang sudah dilakukan di kawasan pendukung Malioboro sehingga ada kesinambungan dengan penataan pedestrian yang sebelumnya sudah dilakukan di Jalan KH Ahmad Dahlan dalam dua tahun terakhir.

Dengan demikian, konsep penataan pedestrian di Jalan Senopati tidak akan jauh berbeda dengan konsep yang diterapkan di Jalan KH Ahmad Dahlan dan kawasan Titik Nol Kilometer supaya semuanya tersambung.

Selain revitalisasi jalur pedestrian, dalam pekerjaan dengan alokasi anggaran sekitar Rp15,9 miliar tersebut juga akan dilakukan pekerjaan “ducting” untuk kabel fiber optic dan kabel listrik PLN.

“Ducting” kabel fiber optic akan dilakukan di Jalan Secodiningratan yang berada di sisi Jalan Senopati, sedangkan “ducting” untuk kabel listrik PLN akan dilakukan di simpang empat Gondomanan.

Pemerintah Kota Jogja dalam beberapa tahun terakhir rutin mengalokasikan anggaran untuk penataan pedestrian. Pada tahun lalu, pekerjaan penataan dilakukan untuk menyelesaikan revitalisasi pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman dari simpang Galeria hingga Gramedia dengan anggaran Rp19,9 miliar.

Selain itu, juga dilakukan penyelesaian pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan dengan anggaran Rp9,9 miliar dan pedestrian Jalan Perwakilan dengan anggaran Rp10,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement