Advertisement

Kemenag Sleman: Semua Jemaah Haji Sleman Siap Kembali ke Tanah Air

Abdul Hamied Razak
Selasa, 26 Juli 2022 - 07:07 WIB
Arief Junianto
Kemenag Sleman: Semua Jemaah Haji Sleman Siap Kembali ke Tanah Air Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Kondisi kesehatan seluruh jemaah haji asal Sleman diklaim baik untuk kembali ke Tanah Air. Sebelum tiba di Sleman, para jemaah akan melewati proses skrining.

Kasi Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Sleman, Solikhan Amin mengatakan kloter pertama yang akan kembali ke Sleman adalah kloter 18. "Pada 27 Juli mereka akan diterbangkan ke Indonesia dan diperkirakan tiba di Sleman pada 28 Juli," katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (25/7/2022).

BACA JUGA: Wow! Peserta Seleksi Mandiri UNY Tahun Ini Melonjak hingga 148%

Kemudian, lanjut dia, Kloter 21 yang akan kembali pada 30 Juli disusul Kloter 43 akan tiba di Sleman pada 14 Agustus mendatang. "Kondisi kesehatan para jemaah baik, siap kembali ke Sleman. Hanya dua jemaah haji yang pulang lebih dulu mengingat kondisi kesehatannya. Mereka pulang dengan kloter lainnya," katanya.

Untuk memastikan kesehatan para jemaah, lanjut Amin, para jemaah akan melewati proses skrining di Embarkasi Haji Donohudan. Jemaah yang dinyatakan sehat akan dipulangkan bersama rombongan menuju Masjid Agung.

Di masjid ini akan dilakukan penyambutan oleh pejabat Pemkab Sleman sebelum kembali ke rumah masing-masing. "Diperkirakan jam 17.00 WIB sudah tiba di Masjid Agung," katanya.

Bila menunjukkan hasil skrining jemaah memiliki gejala Covid-19, katanya, mereka tetap bisa pulang hanya saja menggunakan kendaraan berbeda. "Kami sediakan ambulans. Kami minta setelah tiba di rumah menjalani isolasi mandiri dan tidak menerima tamu dulu," ujar dia.

Amin berharap, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi pada jemaah haji yang kembali ke Sleman meskipun saat ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sleman. Sebab para jemaah sudah melewati proses skrining sebelum kembali ke bumi sembada. "Tidak perlu khawatir namun tetap waspada," tandasnya.

Senada, Kepala Pelaksana BPBD Sleman Makwan mengatakan tidak ada perlakuan khusus bagi jemaah haji yang kembali ke Sleman. Termasuk transit di Asrama Haji. "Soal pemulangan jemaah haji, kami mengacu SOP dari Embarkasi Haji, tidak ada perlakukan khusus," katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Istri di China Menuntut Selingkuhan Suaminya Senilai Rp8,2 Miliar

News
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement