Advertisement

Hingga Triwulan II, Segini Capaian Progam Pembangunan Fisik Pemkot Jogja

Yosef Leon
Kamis, 04 Agustus 2022 - 06:37 WIB
Arief Junianto
Hingga Triwulan II, Segini Capaian Progam Pembangunan Fisik Pemkot Jogja Pengendara melintas di area pedestrian Jalan Senopati, Gondomanan yang tengah direvitalisasi pada Rabu (3/8/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja mencatat, capaian kinerja fisik di wilayahnya sampai dengan triwulan II/2022 adalah sebesar 59,68% dari target sebesar 63,03%. 

Kepala Bappeda Kota Jogja, Agus Tri Haryono mengatakan, pada tahun ini ada sebanyak 10 proyek strategis yang direncanakan oleh Pemkot Jogja. Proyek itu tersebar di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dengan total 78 pengadaan barang dan jasa. 

Advertisement

"Sampai dengan triwulan II/2022 sudah ada 53 paket barang dan jasa yang diselesaikan. Tetapi secara umum kinerja fisik OPD ada di angka 82 persen," jelasnya, Rabu (3/8/2022). 

BACA JUGA: Suporter Sleman Meninggal, Pendukung PSIM Minta Proses Hukum Dijalankan

Menurut Agus, total pagu untuk seluruh paket pengadaan barang dan jasa itu mencapai angka Rp156 miliar lebih. Sementara dengan capaian 53 paket pengadaan barang dan jasa yang sudah selesai tender, total pagu yang telah terserap yakni senilai Rp93 miliar lebih. 

"Kami terus mengevaluasi agar nanti dapat digunalan sebagai acuan perbaikan kinerja Triwulan III dan IV pada tahun berjalan serta penyusunan dokumen perencanaan tahun berikutnya," jelasnya. 

Salah satu proyek strategis yang sedang berlangsung yakni revitalisasi pedestrian di Jalan Senopati, Gondomanan. Proyek senilai Rp15 miliar lebih yang dimulai sejak Juli lalu ini ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. 

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Jogja, Hasri Nilam Baswari menyebutkan, revitalisasi kawasan pedestrian di Jalan Senopati merupakan proyek lanjutan penataan kawasan sirip Malioboro. 

"Baik pedestrian di sisi selatan dan utara konsepnya nanti akan dibuat sama dengan area sirip yang lain di seputaran Malioboro," jelas dia. 

Selain mempercantik tampilan pedestrian, dalam proyek revitalisasi itu nantinya juga dilakukan penataan kabel fiber optik dan jaringan PLN bawah tanah. Saat ini pengerjaan sudah masuk ke tahap pembongkaran material pedestrian yang lama untuk diganti dengan material yang baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement