Advertisement

UPN Veteran Yogyakarta Kembangkan Sistem Informasi Desa di Tegaltirto

Sirojul Khafid
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
UPN Veteran Yogyakarta Kembangkan Sistem Informasi Desa di Tegaltirto Suasana pengabdian masyarakat dosen UPN Veteran Yogyakarta di Kelurahan Tegaltirto, Berbah, Sleman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dosen UPN Veteran Yogyakarta mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) yang ada di Kelurahan Tegaltirto, Berbah, Sleman. Program pengabdian masyarakat ini sebagai sumbangsih UPN Veteran Yogyakarta, dalam hal ini peningkatan pelayanan prima.

Kalurahan Tegaltirto saat ini sudah memiliki Sistem Informasi Desa (SID) online yang terkoneksi secara sentral dengan Pemerintahan Kabupaten Sleman. Namun masih ada keterbatasan dalam pengembangannya.

Dengan pengembangan dari para dosen ini, harapannya bisa meningkatkan pelayanan pemerintahan di Kalurahan Tegaltirto, terutama berkaitan dengan informasi penting yang wajib disampaikan kepada masyarakat. Selain itu juga terkait proses administrasi kependudukan. Sehingga masyarakat juga dapat lebih mudah dan cepat mengakses surat menyurat yang dibutuhkan dari kalurahan.

“Beberapa tahapan kegiatan dari mulai merancang dan membuat aplikasi sistem layanan administrasi persuratan online meliputi perancangan, proses, basis data, struktur menu, dan antar muka pengguna,” tulis tim pengabdian masyarakat UPN Veteran Yogyakarta, belum lama ini.

BACA JUGA: UPN Veteran Yogyakarta Bantu Pemasaran Digital Desa Wisata Kadisobo

Adapula pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengelolaan aplikasi sistem layanan administrasi persuratan online. SOP ini nantinya akan menjadi pedoman bagi pengguna. Setelahnya, ada pelatihan dan pendampingan pengelolaan aplikasi sistem layanan administrasi persuratan online. Hal ini sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan kemampuan SDM Kalurahan Tegaltirto, utamanya sebagai user internal aplikasi sistem layanan administrasi persuratan online (administrator dan operator).

Pada tahap akhir, akan ada bimbingan teknis cara mengakses aplikasi sistem layanan administrasi persuratan online. “Semua kegiatan ini diharapkan dapat membantu mewujudkan pelayanan prima Kelurahan Tegaltirto dan bermanfaat bagi warganya dan semua pihak yang membutuhkan,” tulisnya.

Para dosen yang mengabdi pada masyarakat Kalurahan Tegaltirto berasal dari Jurusan Administrasi Bisnis FISIP: Meilan Sugiarto dan Ida Susi Dewanti. Adapula dosen dari Teknik Informatika FTI: Herry Sofyan dan Sylvert Prian Tahalea.

Kegiatan ini didukung oleh LPPM UPN Veteran Yogyakarta yang berfokus menjembatani segala kebutuhan.

BACA JUGA: AIESEC in UPN Veteran Yogyakarta Edukasi Pengelolaan Sampah Bertanggungjawab

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Dianggarkan Rp392,02 Triliun, Ini Rencana Pembangunan Infrastruktur Tahun Depan

News
| Selasa, 16 Agustus 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Tiket Masuk Borobudur dan Pulau Komodo Naik, Sandiaga Uno: Tidak Semua Tiket Destinasi Naik!

Wisata
| Senin, 15 Agustus 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement