Advertisement

KKN-T UAA Bersama Karang Taruna Ikut "Bantul Bebas Sampah 2025"

Media Digital
Minggu, 07 Agustus 2022 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
KKN-T UAA Bersama Karang Taruna Ikut Mahasiswa kelompok 15 Sendangsari KKN-T UAA bekerjasama dengan para pemuda karang taruna untuk memberdayakan sampah-sampah yang di hasilkan dan dikumpulkan warga perdukuhan Mangir Kidul. - Ist

Advertisement

BANTUL-"Bantul Bersih Sampah 2025" merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintahan kabupaten Bantul. Program ini diharapkan mampu mengurangi risiko pencemaran lingkungan, membangun kreativitas, serta menambahkan penghasilan untuk warga sekitar.

Menyiapkan hal tersebut, kelompok 15 Sendangsari KKN-T UAA bekerjasama dengan para pemuda karang taruna untuk memberdayakan sampah-sampah yang di hasilkan dan dikumpulkan para warga di perdukuhan Mangir Kidul.

Menanggapi kesamaan program kerja KKN-T dan karang taruna mengenai pengolahan sampah, sampah yang dikumpulkan warga dibagi menjadi beberapa kriteria. Dalam program ini menggunakan sampah anorganik (kardus, botol minum dan plastik) dipisahkan untuk di kilokan dan di olah menjadi hiasan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan dengan cara di cat merah putih dan disusun seperti warna bendera lalu di gantungkan di atas jalan Mangir Kidul.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Biasanya kami rutin mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga mbak, mas. Setiap pertengahan bulan kami akan mengumpulkan sampah kemudian kami pisahkan menjadi beberapa bagian seperti kardus, tutup botol, dan botol, untuk dikilokan dan hasil uang yang didapatkan dimasukkan untuk penambahan dana sosial” ujar Dedy selaku ketua karang taruna Mangir Kidul.

Selain pemisahan sampah, program yang dijalankan lainnya adalah sosialisasi “ECO BRICK”. kelompok 15 Sendangsari KKN-T UAA telah melakukan sosialisasi ECO BRICK ini dalam acara arisan ibu-ibu PKK diawali dengan penyampaian materi dari perwakilan KKN-T dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama ibu-bu, dan diakhiri dengan menyantap hidangan yang telah di sajikan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh ibu-ibu dari RT 02 di sore hari dan di malam harinya di hadiri oleh ibu-ibu perwakilan seluruh RT yang ada di Mangir Kidul. Sosialisasi ini mendapatkan respon yang baik dari semua ibu-ibu. Tidak hanya mensosialisasikan, tetapi juga memberikan praktik langsung yang diharapkan agar warga dapat mengimplementasikannya di rumah.

Tidak hanya itu Kelompok 15 Sendangsari KKN-T Universitas Alma Ata juga mengajak Karang taruna untuk kreatif bersama dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi ECO BRICK, tujuan teman-teman KKN-T Universitas Alma Ata mengajak Karang taruna mangir kidul untuk kreatif bersama mendaur ulang sampah plastik menjadi ECO BRICK adalah agar nantinya setelah temen-teman Kelompok 15 Sendangsari KKN-T Universitas Alma Ata sudah tidak ada di perdukuhan mangir kidul proker terkait dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi ECO BRICK ini dapat di teruskan oleh karang taruna.

“Karena besar harapan kami proker ini bisa trus berjalan dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang ada di mangir kidul itu sendiri walaupun kami sudah tidak mengabdi lagi di perdukuhan mangir kidul," ujar Zulfan ketua KKN-T kelompok 15 Sendangsari.

“Selaku Dosen Pembimbing saya sangat terkesan dan mengapresiasi hal yang sangat bermanfaat ini. Sampah merupakan salah satu problem yang sering muncul dikalangan masyarakat oleh karenanya proker bebas sampah yang dicanangkan oleh mahasiswa Alma Ata khususnya kelompok 15 Sendangsari berkerja sama dengan Karang taruna ini merupakan kegiatan yang sangat bagus,” papar dosen Pembimbing Lapangan KKN-T Universitas Alma Ata Kelompok 15 Sendangsari Mangir Kidul. Dr. Akhsanul Fuadi, MSI, Minggu (17/7/2022).*

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Geram Indonesia Terus Impor Aspal

News
| Jum'at, 30 September 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement