Advertisement

Jembatan Kretek 2 Siap 100%, Kontraktor: Tinggal Tunggu Peresmian

Ujang Hasanudin
Kamis, 18 Agustus 2022 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Jembatan Kretek 2 Siap 100%, Kontraktor: Tinggal Tunggu Peresmian Jembatan Kretek 2. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — PT Wika Hutama Jo selaku kontraktor pembangunan Jembatan Kretek 2 Bantul memastikan pembangunan jembatan sudah selesai dan tinggal menunggu peresmian untuk operasionalnya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Secara umum [pembangunan jembatan] sudah jadi tinggal menunggu harinya kapan diresmikan. Kami sudah siap bulan ini pun diresmikan, tetapi peresmian kan tergantung [Kementerian] PUPR,” kata Pejabat Humas PT Wika Hutama Jo, Wahyu Nurbiantoro, saat dihubungi Kamis (18/8/2022).

BACA JUGA: Jembatan Srandakan 3 Masuk ke Tahap Perancangan Desain

Wahyu mengatakan pembangunan jembatan penghubung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) antara Pantai Baros dan Pantai Depok tersebut selesai dalam waktu dua tahun, bahkan lebih cepat dari masa kontrak yang seharusnya selesai pada Januari tahun depan.

Meski pembangunan jembatan dengan nilai anggaran Rp364 miliar lebih cepat selesai dari masa kontrak tersebut diakuinya sudah sesuai spek. Saat ini sambil menghabiskan masa kontrak pihaknya tengah mengerjakan taman yang ada di sisi selatan jembatan dan pelebaran jalan di timur jembatan untuk penghubung JJLS menuju Parangtritis.

“Saat ini masih ada pengerjaan taman sama pelebaran jalan yang ke arah Parangtritis, mau dilebarkan, disamakan dengan yang baru. Cuma pekerjaan tambahan saja sebenarnya. Taman belum selsai masih kurang sedikit,” ucap Wahyu.

Pihaknya belum mengetahui pasti kapan jembatan tersebut diresmikan untuk dioperasionalkan. Menurutnya operasional jembatan menunggu peresmian dari Pemerintah Pusat. Sebelumnya wacana peresmian Jembatan Kretek 2 akan dilakukan pada 17 Agustus lalu, tetapu hingga saat ini belum ada kabar. Wacana tersebut muncul dari Pemkab Bantul.

Diketahui, panjang jembatan dan jalan yang dibangun dengan APBN sebesar Rp364 miliar tersebut adalah 2.015 meter, tetapi khusus badan jembatan yang berada di atas kali Opak, panjangnya mencapai 600 meter.

Sementara lebar jalan 24 meter terdiri dari dua jalur dan masing-masing jalur dua lajur, trotoar untuk pejalan kaki masing-masing 1,2 meter. Di atas trotoar juga dilengkapi dengan batu andesit.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

40 Pos Ronda di Banyumas Ikuti Lomba Pos Ronda Beda Masa Satu Rasa

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement