Advertisement

Warga Tepus Diajak Menyusuri Rute Gerilya Jenderal Soedirman

David Kurniawan
Jum'at, 19 Agustus 2022 - 07:27 WIB
Sirojul Khafid
Warga Tepus Diajak Menyusuri Rute Gerilya Jenderal Soedirman Ribuan warga mengikuti jalan sehat dengan rute perang gerilya Jenderal Soedirman di Kapanewon Tepus, Gunungkidul. Kamis (18/8/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Kapanewon Tepus, Gunungkidul menggelar jalan sehat dengan menyusuri Rute Gerilya Jenderal Soedirman, Kamis (18/8/2022). Kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77.

Acara yang dimulai sejak pagi ini diikuti ribuan warga di Kapanewon Tepus. Jalan sehat ini sekaligus napak tilas rute gerilya, lantaran saat acara berlangsung ada replika tandu serta peserta yang memerankan Sang Jenderal. Rute napak tilas dimulai dari lapangan Cingkrang Hillss menuju klumpit, tanjakan cingkrang, dan kembali lagi ke lapangan cingkrang hills. Jalan yang dilalui melewati perbukitan karst.

Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto, mengatakan jalan sehat berlangsung meriah karena warga yang ikut sangat antusias dari awal hingga selesainya acara. Total rute yang ditempuh sepanjang lima kilometer. “Tidak hanya warga umum, tapi juga melibatkan pelajar, anggota TNI, serta dari Polsek Tepus,” kata Jarwanto, Kamis siang.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA: Molor! Proyek Pembangunan Gedung DPRD Gunungkidul Dilelang Ulang

Menurut dia, kegiatan ini tidak hanya untuk memperingati hari kemerdekaan, tapi juga sebagai sarana napak tilas. Hal ini dikarenakan rute yang dipergunakan merupakan bekas jalan yang disusuri Jenderal Soedirman saat menjalankan taktik perang gerilya.

Oleh karenanya, sambung Jarwanto, juga ada teatrikal Sang Jenderal yang bergerilya. Secara bergantian personel Polsek Tepus membawa tandu, di depannya ada warga yang berdandan seperti Jendral Besar TNI Soedirman. “Ada juga yang membawa bekal pangan dari hasil pertanian. Semua dibuat persis seperti saat Jenderal Soedirman bergerilya,” katanya.

Kegiatan ini, lanjut Jarwanto, memiliki makna penting. Selain untuk memperingati jasa para pahlawan, juga sebaga sarana untuk memupuk semangat nasionalisme. “Tentunya juga untuk meningkatkan sinergitas TNI/Polri dengan masyarakat di Kapanewon Tepus,” katanya.

BACA JUGA: Musim Hujan Tahun Ini Turun Lebih Cepat, Petani Gunungkidul Diminta Bersiap-siap

Harapannya, dengan kegiatan ini anak-anak muda di Tepus dapat mengetahui sejarah di wilayahnya sendiri. “Intinya jangan sampai melupakan sejarah sehingga jalan sehat dengan rute perang gerilya Jenderal Soedirman di Tepus diselenggarakan,” katanya.

Advertisement

Rute gerilya Sang Jenderal mulai dari Bintaran pada 19 Desember 1948 dan berakhir di Ndalem Mangkubumen, 10 Juli 1949. Selama itu, Jenderal Soedirman menempuh rute sepanjang 1.009 kilometer.

Rute Perang Gerilya Rakyat Semesta dari Kota Yogyakarta-Bantul-Gunungkidul-Wonogiri-Pacitan-Ponorogo-Trenggalek-Tulungagung-Kediri-Nganjuk-Sleman. Perjuangan ini sudah diabadikan dalam sebuah buku berjudul Peran Gunungkidul dalam Perang Gerilya Jenderal Soedirman karya Rudi Winarso dan Pamuji Raharjo.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keluarga dengan Umur Total 1.058 Tahun

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement