Advertisement

Ratusan Peserta Ikut Serta Dalam Lomba Bahasa dan Sastra 2022

Yosef Leon
Senin, 22 Agustus 2022 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Peserta Ikut Serta Dalam Lomba Bahasa dan Sastra 2022 Sejumlah peserta dari berbagai jenjang pendidikan ikut serta dalam lomba Bahasa dan Sastra 2022 di Taman Pintar, Senin (22/8/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan murid dari berbagai jenjang pendidikan mengikuti Kompetisi Bahasa dan Sastra 2022 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja di Taman Pintar, Senin (22/8/2022). Mereka berlaga pada sejumlah kategori perlombaan dengan mengenakan busana tradisional. 

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja, Yetti Martanti, mengatakan kompetisi ini diselenggarakan dengan tujuan melestarikan dan mendekatkan tradisi sastra kepada generasi muda. Adapun sasaran lomba ini yakni para generasi muda usia SD, SMP hingga SMA serta SMK dan juga masyarakat umum.

Advertisement

BACA JUGA: Cegah Tsunami, Sabuk Hijau Kawasan Bandara YIA Diperkuat

"Rangkaian agenda Kompetisi Bahasa dan Sastra 2022 merupakan bagian dari kegiatan pembinaan dan pengembangan bahasa dan sastra," kata Yetti. 

Sejumlah kategori yang diselenggarakan dalam lomba tersebut yakni macapat tingkat SD, SMP dan SMA/SMK; maca cerkak tingkat SD, SMP dan SMA/SMK; alih aksara tingkat SD, SMP dan SMA/SMK; maca geguritan tingkat SD, SMP dan SMA/SMK; sesorah tingkat SMP dan SMA/SMK; serta lomba pranata adicara tingkat SMA/SMK dan umum serta mendongeng tingkat umum.

"Total jumlah peserta ada 545 orang, yang 90 orang di antara mereka akan maju di babak final. Secara khusus kami melibatkan 54 orang juri terdiri dari sastrawan, budayawan, praktisi, pendidik dan unsur media massa. Keterlibatan masyarakat pada penyelenggaraan tahun ini jumlahnya naik cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 382 peserta," ungkapnya. 

Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Jogja, Ismawati Retno, menjelaskan dalam lomba ini para peserta akan melewati proses seleksi dua tahap. Tahap pertama dilakukan untuk memilih lima nominator terbaik dari masing-masing lomba, sebagian telah dilaksanakan pada 8 – 10 Agustus 2022 di Taman Pintar. 

"Khusus untuk lomba alih aksara seleksi tahap pertama dilaksanakan secara langsung Senin [22/8/2022] seusai pembukaan," ucapnya. 

BACA JUGA: Sportourism, Olahraga Sekaligus Wisata untuk Jaring Pasar Internasional

Seleksi tahap kedua berupa penampilan langsung dari lima nominasi dari masing-masing lomba. Ini diselenggarakan sejak Senin 22 Agustus 2022 hingga Kamis 25 Agustus 2022 di area Hall Phytagoras dan Playground Taman Pintar Jogha. Selanjutnya tiga peserta terbaik akan maju ke lomba di tingkat DIY pada bulan September mendatang.  

"Kecuali lomba mendongeng yang diselenggarakan hanya di tingkat Kota Jogja," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement