Advertisement

Realisasi Pendanaan Lahan Tol Solo-Jogja Tembus Rp3,4 Triliun

Maria Elena
Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Realisasi Pendanaan Lahan Tol Solo-Jogja Tembus Rp3,4 Triliun Konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat realisasi pendanaan pembebasan lahan untuk jalan tol Solo-Jogja hingga 20 Agustus 2022 telah mencapai Rp3,4 triliun.

Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara menyampaikan pendanaan pembebasan tanah untuk pembangunan proyek jalan tol tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan aktivitas masyarakat ke depannya.

Hal ini disampaikannya saat melakukan peninjauan perkembangan dan pembayaran uang ganti rugi (UGR) pembebasan tanah Tol Solo-Jogja-Kulonprogo di kantor kalurahan Purwomartani, Sleman, Kamis (25/08/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

”Negara memberikan uang ganti kerugian, maka semuanya menjadi beruntung. Pemilik tanah mendapatkan uang ganti, setelah tanah diserahkan, negara akan membangun jalan tol. Dalam proses tersebut akan ada penyerapan tenaga kerja dan perekonomian bergerak," kata Suahasil.

Ketika jalan tol sudah beroperasi, lanjutnya, fasilitas tersebut bisa digunakan seluruh masyarakat yang melintas, meningkatkan konektivitas dan akhirnya seluruh masyarakat mendapatkan keuntungan dari pembangunan jalan tol ini.

Pada kesempatan tersebut, Suahasil juga berdiskusi dengan masyarakat penerima UGR.

Dia menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat karena telah mendukung percepatan pembangunan dengan menyerahkan tanah kepemilikan untuk digunakan pembangunan jalan tol.

Wamenkeu juga menyampaikan agar proses pembayaran hak ganti untung kepada masyarakat dapat dilakukan secara efektif, efisien, serta uang tersebut dapat dipergunakan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menyampaikan bahwa proyek jalan tol Solo-Jogja termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) jalan tol dengan realisasi pendanaan terbesar pada 2022.

Advertisement

Total pembayaran Tol Solo — Yogyakarta sendiri dari Januari hingga Agustus 2022, sudah disalurkan Rp1 triliun, ini jumlah tertinggi untuk PSN jalan tol.

"Total pendanaan untuk PSN 2022 ini Rp7 triliun, jadi Rp1 triliun sendiri untuk tol Solo-Jogja,” jelasnya.

Sebagai informasi, ruas jalan tol Solo- Jogja-Kulonprogo memiliki panjang 96,57 km dan proyek ini merupakan jalan tol pertama di DIY.

Advertisement

Selain ruas tol tersebut, LMAN juga mendanai pembebasan tanah di dua PSN lain di wilayah DIY, yaitu jalan tol Jogja-Bawen dan Jalur Kereta Api  Yogyakarta International Airport.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024: Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement