Advertisement

Jadi Satu-satunya di Indonesia, Satlinmas Rescue Istimewa Terdaftar di Aplikasi SIM Linmas

Sunartono
Sabtu, 27 Agustus 2022 - 11:37 WIB
Arief Junianto
Jadi Satu-satunya di Indonesia, Satlinmas Rescue Istimewa Terdaftar di Aplikasi SIM Linmas Kegiatan Refleksi 1 Dasawarsa Peran Satpol PP DIY dalam Keistimewaan DIY di Hotel Royal Darmo, Kota Jogja Jumat (26/8/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Ratusan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) DIY telah terdaftar di aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Linmas Kemendagri.

Aplikasi ini memudahkan pemetaan terkait dengan penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Advertisement

Kasubdit Perlindungan Masyarakat, Direktorat Polisi Pamong Praja dan Linmas Kemendagri Fadly Elwa Purwansyah ikut mengapresiasi DIY memiliki kearifan lokal berupa Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) sebagai tindak lanjut dari keistimewaan DIY.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca 27 Agustus 2022: Sleman Hujan

Hal ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi DIY dalam menangani berbagai persoalan berkaitan dengan keamanan dan ketertiban bahkan kebencanaan.

Struktur kelembagaan linmas di DIY telah membentuk satgas linmas provinsi yang ditetapkan dengan Keputusan Gubernur berjumlah 30 orang. Jumlah dari satlinmas yang dihimpun dari SIM Linmas sebanyak 871 orang di DIY, dengan perincian Sleman sebanyak 51% telah mendaftar, Kota Jogja 87%, Kulonprogo 28%, Bantul 31%, dan Gunungkidul 13%.

"Kami mendorong para personel Satlinmas Istimewa untuk memanfaatkan SIM Linmas yang memiliki tujuan besar yaitu menciptakan big data penyelenggaraan Linmas yang mulai digagas pada tahun 2021 silam," katanya dalam Refleksi 1 Dasawarsa Peran Satpol PP DIY dalam Keistimewaan DIY di Hotel Royal Darmo, Kota Jogja, Jumat (26/8/2022).

Dia menambahkan dengan adanya big data, nantinya terpetakan daerah rawan sebagai dasar dalam penentuan kebijakan penyelenggaraan urusan Trantibumlinmas yang terukur.

Satlinmas Rescue Istimewa tersebut, merupakan satu-satunya di Indonesia. DIY diberikan kewenangan untuk membentuk kelembagaannya sendiri termasuk kearifan lokalnya, selain perda, DIY juga memiliki Perdais.

"Prinsipnya kami mengapresiasi inovasi kearifan lokal yang telah dibentuk. Apalagi memang satlinmas seharusnya diberikan keterampilan dan pemenuhan saran prasarana yang sesuai dengan kondisi sosial dan topografi wilayahnya," katanya.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmat mengatakan dengan adanya potensi rawan bencana, DIY telah menyiapkan beberapa unsur masyarakat yang tergabung dalam Satlinmas Rescue Istimewa untuk dibekali pengetahuan dan keterampilan membantu penanganan bencana.

Dengan kemampuan selayaknya Tim SAR, Satlinmas rescue telah memiliki sertifikat mumpuni apabila terjadi kejadian korban tenggelam di kawasan pantai selatan. "Satlinmas dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah di masyarakat. Satlinmas diberdayakan dalam berbagai aspek mulai dari sosial kemasyarakatan, penjagaan tempat rawan bencana, hingga persiapan pemilu maupun pilkada," katanya.

Ia tidak menampik adanya kendala yang dihadapi berupa sulitnya perekrutan satlinmas dikarenakan citra yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Selain itu kualitas sumber daya satlinmas juga perlu ditingkatkan. Sehingga dibutuhkan pelatihan khusus kepada satlinmas yang harus lebih masif dilakukan sesuai dengan keperluan kondisi masing-masing daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement