Advertisement

Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Kamardikan di Kraton

Sunartono
Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Yogyakarta Royal Orchestra Gelar Konser Kamardikan di Kraton Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) Keraton Yogyakarta menggelar menggelar Konser Kamardikan dalam rangka semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu (27/8/2022) malam. - Ist/Kraton Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAYogyakarta Royal Orchestra (YRO) Kraton Yogyakarta menggelar menggelar Konser Kamardikan dalam rangka semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu (27/8/2022) malam.

Konser digelar di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti-Kamandhungan Ler (area Plataran Keben), Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. "Seusai Pentas Musikan Kamardikan yang digelar pas di 17 Agustus, kami tutup rangkaian ini dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra, full orchestra, dengan berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti solois saksofon, vokal, dan choir,” kata Penghageng Kawedanan Kridhamardawa KPH Notonegoro, Sabtu (27/8/2022) malam.

BACA JUGA: Bertabur Doorprize! 2000 Orang Ikut Senam SICITA di DPD PDI Perjuangan DIY

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Konser Kamardikan YRO menghadirkan 11 repertoar. Gendhing Gati Mardika sebagai pembuka dengan berkolaborasi bersama abdi dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa, disusul lagu Api Kemerdekaan, Dari Sabang Sampai Merauke, Pahlawan Merdeka, Syukur, dan Tekad yang akan berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir dari ISI Jogja.

Sedangkan dua repertoar yang menjadi kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan solois saksofon yang merupakan abdi dalem Musikan, MJ. Praptowaditro, membawakan lagu Tanah Airku dan Sepasang Mata Bola.

Lagu Kebyar Kebyar hadir dengan duet vokal alto oleh Okky Kumala Sari, seorang vokalis band pop keroncong asal Jogja, Remember Entertainment dan vokal tenor Daniel Christianto, seorang solois vokal yang telah banyak bernyanyi di konser orkestra dan opera berskala nasional maupun internasional. 

Disusul penampilan lagu Hari Merdeka yang berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir. Sebagai penutup, hadir kembali kolaborasi antara Yogyakarta Royal Orchestra dengan Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa yang akan membawakan Gendhing Bubaran Arum-Arum.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra dipimpin MW. Widyowiryomardowo selaku kondktor. “Selain dihadiri tamu undangan, masyarakat menyaksikan langsung di lokasi pementasan,” ujarnya. 

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra ini juga akan sekaligus menjadi saksi bersejarah Lembaga Sertifikasi Profesi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Advertisement

Pada acara ini, diserahkan sertifikat lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Ketua BNSP secara langsung kepada Sri Sultan HB X. 

LSP Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi.

LSP Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dibentuk oleh asosiasi profesi, dan sudah berbadan hukum serta teregister oleh BNSP. Tugasnya mengembangkan skema uji kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.

Advertisement

LSP milik Kraton Yogyakarta ini nantinya tak hanya dapat dimanfaatkan oleh abdi dalem, tetapi juga bisa digunakan oleh masyarakat luas. “LSP Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan LSP Multi Sektor yaitu sektor/bidang seni, budaya, rias Pengantin dan pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi seperti: Penari Gaya Yogyakarta Putra dan Putri; Penyaji Karya Tari; Dalang [Teater Wayang]; Wiyaga [Karawitan Pakeliran]; Penata Rias Pengantin,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demi Prabowo, Gerindra Siap Lawan Anies Baswedan di Pilpres 2024

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement