Advertisement

Apam Dijadikan Ikon Kudapan Khas Ngemplak

Abdul Hamied Razak
Minggu, 28 Agustus 2022 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Apam Dijadikan Ikon Kudapan Khas Ngemplak Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo saat menghadiri Festival Apem di Padukuhan Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Minggu (28/8/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Forum Komunikasi UMKM Kapanewon Ngemplak menggelar Festival Apem di Padukuhan Wonolelo, Widodomartani, Ngemplak, Minggu (28/8/2022). Selain untuk melestarikan potensi kuliner tradisional, kegiatan tersebut akan menjadi ikon kuliner Kapanewon Ngemplak.

Nuradi, salah satu anggota Forum Komunikasi UMKM Kapanewon Ngemplak menyebut kegiatan ini bertujuan mengukuhkan apam sebagai ikon jajanan khas Kapanewon Ngemplak. Menurutnya apem mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat Kapanewon Ngemplak.

Advertisement

"Setiap acara adat Saparan Wonolelo yang selalu diadakan setiap tahun, biasanya masyarakat membagikan apam. Rencananya sebelum acara Saparan Wonolelo akan kami adakan Festival Apem terlebih dahulu," kata dia di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA: Suporter PSS Sleman Tewas, Begini Kronologinya yang Beredar Luas

Dia menjelaskan Festival Apem baru diadakan pertama kali di Ngemplak. Meski demikian, lanjutnya, antusias masyarakat untuk ikut memeriahkan festival tersebut dinilai luar biasa.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya peserta yang ikut. Festival Apem ini diikuti sebanyak 50 UMKM se-Kapanewon Ngemplak. "Rencananya ini akan kami adakan setiap tahun. Harapannya tahun berikutnya lebih meriah lagi," kata Nuradi.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Festival Apem ini. Dia berharap melalui kegiatan ini, UMKM dapat lebih berdaya saing dan lebih modern sesuai perkembangan zaman. 

"Melalui kegiatan ini, mari apam kita angkat bersama-sama menjadi kuliner yang modern khas dari Kapanewon Ngemplak. Dan mari kita bersama mengangkat potensi di daerah kita, dalam rangka membesarkan UMKM di daerah masing-masing," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement