Advertisement

Kembangkan Kapasitas Pegawai, KPP Pratama Yogyakarta Undang Pakar Komunikasi

Media Digital
Selasa, 30 Agustus 2022 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
Kembangkan Kapasitas Pegawai, KPP Pratama Yogyakarta Undang Pakar Komunikasi Pegawai KPP Pratama Yogyakarta mengikuti pelatihan komunikasi. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Yogyakarta menghadirkan pakar komunikasi, Aqua Dwipayana, untuk mengisi IHT (in house training) dengan tema Mewujudkan Pelayanan Prima dengan Komunikasi Prima, Senin (29/8/2022), di kantor setempat. IHT itu digelar dengan konsep sharing session guna meningkatkan kualitas dan kapasitas pegawai di bidang komunikasi. 

Kepala KPP Pratama Yogyakarta Andi Setiawan mengatakan kegiatan itu diikuti oleh seluruh pegawai dari semua seksi di lingkungan KPP Pratama Yogyakarta. Kegiatan rutin ini memang kerap dilaksanakan setiap tahun untuk memompa semangat pegawai dalam meningkatkan kinerjanya. "Saya sangat yakin bahwa misi dari kegiatan ini tercapai yaitu kapasitas dan kapabilitas teman-teman tercerahkan," ujarnya. 

Menurut Andi, pekerjaan pegawai pajak sangat erat dengan pola komunikasi yang efektif baik kepada stakeholder maupun para wajib pajak (WP). Efektivitas pekerjaan sangat bergantung dengan pola komunikasi yang dibangun dan diterapkan oleh pegawai saat bekerja. "Dari antusiasmenya mereka menyimak dengan seksama. Saya juga yakin bahwa bukan hanya sisi kognitif saja tapi juga sikap dan perbuatan mereka juga akan berdampak," kata Andi. 

Aqua Dwipayana menjelaskan kegiatan ini menjadi bukti bahwa KPP Pratama Yogyakarta ingin meningkatkan pelayanan dari yang baik menjadi lebih baik lagi. Menurutnya, komunikasi adalah kunci bagi setiap pegawai pajak dalam mencapai target dengan tetap mengusung nilai humanisme. "Misal pada bidang pajak, bagaimana WP dengan suka rela mau memenuhi kewajibannya dan tidak dengan terpaksa, menyentuhnya dengan hati dan hati-hati," jelas Aqua. 

Di sisi lain, ia juga menekankan peran pimpinan yang hendaknya jadi role model dalam meningkatkan prestasi pegawai. Hal ini akan sejalan dengan konsep 3K yang dipaparkan Aqua untuk mendorong para pegawai menjadi pakar di bidangnya masing-masing dan mempersiapkan segala hal dengan matang yaitu berupa kredibel, komitmen serta konsisten. (***)

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi, Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement