Advertisement

Pemkab Sleman Usung Tiga Kesuksesan dalam Penyelenggaraan Porda-Peparda DIY

Media Digital
Selasa, 30 Agustus 2022 - 05:27 WIB
Budi Cahyana
Pemkab Sleman Usung Tiga Kesuksesan dalam Penyelenggaraan Porda-Peparda DIY Bupati dan Wakil Bupati Sleman bersama jajaran Forkominda saat menggelar jumpa pers di Pendopo Parasmya Pemkab Sleman, Senin (29/8/2022). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) DIY merupakan ajang kompetisi olahraga tingkat DIY yang berlangsung setiap 2 tahun sekali. Namun penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III kali ini mundur setahun karena adanya pandemi Covid-19.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Kabupaten Sleman pada tahun ini menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 yang akan diselenggarakaan pada 1-9 September 2022. Pada Porda XVI akan mempertandingkan 44 cabang olah raga dan 1 cabang olahraga eksibisi. Sedangkan Peparda III akan mempertandingkan 10 cabang olah raga. 

“Dari 44 cabor ini ada 3 yang baru, yaitu hapkido, esport, dan kick boxing,” kata Kustini saat menggelar jumpa pers di Pendopo Parasmya Pemkab Sleman, Senin (29/8/2022).

Dia menjelaskan, seluruh laga cabor Peparda II berada di Kabupaten Sleman. Demikian pula untuk venue Porda XVI, kecuali untuk cabor aerosport di Lapangan Udara Gading Gunungkidul, cabor dayung di Waduk Sermo Kulonprogo dan cabor sepatu roda di Stadion Sultan Agung, Bantul. 

Sebagai tuan rumah, kata Kustini, Pemkab Sleman berkomitmen agar penyelenggaraan Porda-Peparda 2022 berjalan sukses. Pemkab, lanjutnya, telah siap menyelenggarakan event tersebut sejak tahun lalu. Dari mulai persiapan atlet pelatih dan ofisial, persiapan venue, acara, publikasi event, emergency plan dan persiapan keamanan dalam penyelenggaraan.

"Pada penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 tahun ini, Sleman mengusung target Three Success yaitu Sukses Penyelenggaraannya, Sukses Prestasinya dan Sukses Membangkitkan Ekonomi," katanya.

Sukses Penyelenggaraanya yang dimaksud, kata Kustin, bararti seluruh agenda Porda-Peparda dapat terselenggara dengan sukses. Sukses acara pembukaan dan penutupan, semua laga tanding dan event pendukungnya, terlaksana dengan lancar tanpa halangan sehingga baik peserta, panitia, tuan rumah maupun masyarakat semua puas.

Adapun Sukses Prestasinya, lanjut Kustini, memiliki makna Sleman mentargetkan untuk dapat meraih  Juara Umum, dan Sembada Hattrick Lagi pada penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 ini. Sukses Membangkitkan Ekonomi memiliki makna penyelenggaraan Porda dan Peparda juga menjadi momentum menggeliatkan ekonomi masyarakat. 

"Untuk mendukung keberhasilan target ini, kami juga mengajak para  pelaku pariwisata, UMKM dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022," tandasnya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa menambahkan rangkaian pelaksanaan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 dimulai dengan pengambilan api abadi dari Gunung Merapi pada 20 Agustus lalu. Api tersebut kemudian diarak ke seluruh kabupaten/ kota di DIY dan kemudian kembali di Kabupaten Sleman pada 22 Agustus lalu.

Advertisement

Adapun pembukaan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 akan dilaksanakan pada Kamis (1/9/2022) di Stadion Maguwoharjo. Gelaran Porda Peparda 2022 ini menurut rencana akan dibuka oleh Wakil gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. Acara pembukaan dilaksanakan pukul 19.00 WIB dan direncanakan berakhir  pada pukul 22.00WIB. Namun sebelumnya pada pukul 16.30 sudah ada penampilan pra acara dari grup band lokal.

"Acara pembukaan atau opening ceremony meliputi tarian kolosal dengan tema “Greget Nyawiji”, defile atlet, flashmob Sleman Bangkit, penyalaan Api Porda Peparda dan akan dimeriahkan dengan pementasan Band Kotak," katanya.

Pelaksanaan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 akan ditutup pada 9 September 2022 pukul 19.00 WIB di Stadion Maguwoharjo. Gelaran Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 rencananya ditutup oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Advertisement

"Stadion Maguwoharjo dipilih sebagai venue pembukaan dan penutupan karena stadion ini stadion kebanggaan Sleman. Dari pilihan lokasi, sarana prasarana, kapasitas, keamanan dan kenyamanan, stadion ini pilihan terbaik dan merepresentasikan  prestise dan citra Sleman," katanya.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pembukaan, besok (hari ini) akan dilakukan gladi kotor. Pemkab juga akan melakukan pengecekan kesiapan venue di Stadion Maguwoharjo pada Rabu, (31/8/2022)."Intinya, kita semua berharap agar penyelenggaraan Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 ini bisa sukses, acaranya berjalan lancer, aman dan nyaman, baik bagi tamu, kontingen, penonton dan masyarakat Sleman," katanya.

Ketua KONI DIY Djoko Pekik Irianto mengatakan pembukaan Porda XVI dan Peparda III 2022 akan menjadi yang termegah. Selain dihadiri artis papan atas juga bakal ada pesta kembang api dengan kapasitas sound system 200.000 watt. Suasa pembukaan akan sangat meriah dan menggelegar. "Nampaknya ini menjadi pembukaan yang termegah selama pelaksanaan Porda," jelasnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement