Advertisement

Vaksinasi Covid-19 Warga DIY Hampir 100%, Pemda Genjot Vaksin Booster

Media Digital
Sabtu, 03 September 2022 - 22:17 WIB
Sirojul Khafid
Vaksinasi Covid-19 Warga DIY Hampir 100%, Pemda Genjot Vaksin Booster Suasana Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI di Komplek Kepatihan Yogyakarta, Jumat (2/9/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 99,73% atau 3.172.701 warga DIY telah menerima vaksin covid-19 dosis kedua. Data ini per 1 September 2022. Tercapainya target vaksinasi ini tidak lepas dari kolaborasi dan sinergi yang baik antara pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung optimalisasi vaksinasi covid-19 di DIY.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DIY, (KGPPA) Paku Alam X saat menerima Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI di Komplek Kepatihan Yogyakarta, Jumat (2/9/2022). Dia mengungkapkan, saat ini Pemda DIY mulai fokus menggenjot pencapaian vaksinasi booster yang baru tercatat di angka 41,32%.

“Hampir seluruh warga DIY sudah menerima vaksin dosis kedua. Jumlahnya 99,73% atau nyaris menyentuh angka 100%. Target kami selanjutnya, bersama-sama akan kami genjot capaian vaksin booster yang saat ini baru mencapai 41,32%,” katanya.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat pelaksanaan vaksinasi covid-19 di DIY berjalan cukup optimal. Karakter gotong royong dan partisipasi masyarakat yang tinggi menjadi salah satu kunci keberhasilan capaian vaksinasi.

BACA JUGA: Kota Jogja Berharap Terima Penghargaan Adipura Lagi, Terakhir 2017

Pemda DIY memanfaatkan komunitas maupun paguyuban yang ada di DIY untuk menyasar masyarakat agar memiliki kesadaran menerima vaksin, misalnya paguyuban supir andong dan paguyuban kesenian jathilan.

Tak hanya itu, Pemda DIY juga memanfaatkan beberapa event yang diselenggarakan oleh pihak swasta untuk diintegrasikan dengan pelaksanaan vaksinasi covid-19.

“Kami berterima kasih atas semangat warga untuk bersama-sama mengoptimalkan vaksinasi sebagai upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus covid-19 di DIY. Bahkan, pernah ada komunitas mobil yang turut serta memfasilitasi dengan mengantar jemput penyandang disabilitas untuk mengikuti vaksinasi yang diadakan Pemda DIY beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, mengapresiasi pencapaian vaksinasi covid19 di DIY. Data-data yang disampaikan cukup komprehensif sebagai gambaran dan masukan bagi Komisi IX DPR RI menyusun rekomendasi agar pelaksanaan vaksinasi covid-19 di DIY berjalan lebih optimal khususnya dalam pencapaian target vaksinasi booster.

Advertisement

“Karakter gotong royong dari warga dan peran aktif Pemda DIY merupakan modal yang baik dan ini harus kami dukung bersama. Dengan menghimpun informasi hari ini, kami akan segera menyusun rekomendasi untuk semua pihak agar vaksinasi di DIY terus meningkat, terutama vaksin booster,” tegas Melki.

BACA JUGA: Ada 1.472 Pengidap HIV di Jogja, Fasilitas Perawatan Akan Ditambah

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Dwi Martiningsih, mengungkapkan BPJS Kesehatan turut serta berperan aktif untuk menyukseskan vaksinasi di Indonesia dengan menyediakan Aplikasi P-Care Vaksinasi, yang diperuntukkan bagi fasilitas kesehatan untuk mendata sasaran vaksin, memproses vaksinasi, hingga memantau logistik vaksin.

Advertisement

“Aplikasi ini terus kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Salah satunya dengan menambahkan fitur untuk memasukkan data vaksinasi kategori anak usia 6-11 tahun. Harapan kami, langkah bersama ini bisa memberikan manfaat dan mengakhiri pandemi covid-19,” ungkapnya.

P-Care Vaksinasi merupakan bagian dari sistem informasi vaksinasi nasional. Basis data yang ada dalam aplikasi ini merujuk pada data yang ada di Peduli Lindungi. Terdapat dua belas fitur yang bisa digunakan fasilitas kesehatan untuk mendata vaksinasi, diantaranya daftar penerima vaksin, riwayat pemberian vaksin, hingga pencetakan kartu vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Bentuk Badan Usaha Milik Otorita IKN, Apa Kegunaannya?

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement