Advertisement

Ingin Berkontribusi Tingkatkan Ekonomi DIY, JBR 2022 Teken Kerjasama dengan UMKM

Media Digital
Sabtu, 03 September 2022 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Berkontribusi Tingkatkan Ekonomi DIY, JBR 2022 Teken Kerjasama dengan UMKM Ketua Panitia JBR 2022 Sobri Emiga Sando (kiri) dan Ketua Pengda Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Yogyakarta Santoso Rohmad (kanan) saat penandatanganan kerja sama dengan UMKM di Kyoto Garage, Sleman, Sabtu (3/9/2022) sore. - Ist

Advertisement

SLEMAN-Komitmen Pengda Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Yogyakarta menggandeng sektor UMKM dalam acara Jogja Bike Rendezvous (JBR) 2022 benar-benar direalisasikan. Panitia JBR 2022, Sabtu (3/9/2022) melakukan penandatanganan kerja sama dengan pelaku UMKM.

Selain kerja sama dengan UMKM, panitia JBR juga melakukan kerja sama dengan sejumlah hotel yang nantinya akan dijadikan tempat menginap para riders yang hadir di ajang JBR pada pertengahan September mendatang. "Selain UMKM dan pihak hotel, kami juga kerja sama dengan tokoh masyarakat, karang taruna guard serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam JBR. Kita izin kepada masyarakat yang nantinya bakal dilewati para riders," ujar Ketua Panitia JBR 2022, Sobri Emiga Sando, di sela-sela acara penandatangan kerja sama di Kyoto Garage, Sleman.

Perwakilan UMKM yang ikut dilibatkan adalah Kopi Talang di Prambanan. Owner Kopi Talang Heru Harmanta mengaku sangat senang bisa dilibatkan dalam ajang JBR ini. Menurut dia, panitia JBR memberikan space secara cuma-cuma alias gratis kepada UMKM, termasuk dirinya. Ini akan menjadi kesempatan Kopi Talang untuk memperkenalkan usahanya agar dikenal masyarakat secara luas.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Baca juga: Berpihak ke Sektor UMKM, Jogja Bike Rendezvous Didukung Wagub DIY dan Bupati Bantul

"Ini kesempatan yang sangat bagus karena kami dilibatkan dalam JBR ini. Harapannya Kopi Talang semakin dikenal mengingat yang datang di acara JBR ribuan orang. Ini sangat membantu sekali. Semoga kerja sama seperti ini bisa terus dilakukan dalam kegiatan-kegiatan lain dan UMKM makin berkembang," ujar Heru.

UMKM lain yang dilibatkan adalah Timetosewing yang menyedikan merchandise seperti kaus, pin dan buff. Owner Timetosewing Icwan Mulia mengaku dirinya mendapat order 1.500 kaus, pin dan buff yang nantinya akan dijadikan merchandise para riders.

"Panitia memesan 1.500 kaus, pin dan buff. Mungkin jumlahnya bisa bertambah lagi. Acara yang seperti inilah yang kami harapkan karena konkret melibatkan UMKM sehingga dari acara ini UMKM ada tambahan pemasukan dan UMKM akan makin berkembang," ujar Ichwan.

Selain itu masih ada beberapa UMKM yang dilibatkan seperti industri batik tulis dan lainnya. Kalangan perhotelan pun juga menyambut baik acara ini karena akan menambah tingkat hunian. "Kami berterima kasih sudah dilibatkan dalam kerja sama ini. Ini sangat bagus karena membantu sektor perhotelan," ujar salah satu perwakilan hotel.

Baca juga: Sudah Resmi Naik, Ini Harga Terbaru Pertalite, Solar, hingga Pertamax

Advertisement

Ketua Pengda HDCI Yogyakarta Santoso Rohmad mengatakan penandatanganan kerja sama ini merupakan langkah konkret panitia JBR 2022 dalam menggandeng UMKM. Menurut dia, panitia JBR 2022 berkomitmen untuk berpihak ke sektor UMKM. Dengan seperti itu diharapkan ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian DIY.

"Harus ada harmonisasi dari semua pihak dalam acara JBR 2022 ini. Semua pihak kami gandeng khususnya pelaku UMKM, hotel, kalangan masyarakat dan lainnya. Kami yakin acara ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ujar Santoso.

Sektor pariwisata juga akan terdongkrak mengingat yang bakal hadir dalam JBR jumlahnya ribuan orang. "Tentu saja, kulinernya, oleh olehnya juga akan ikut terdongkrak. Ekonomi juga akan bergerak," kata Santoso.

Advertisement

Kearifan Lokal

Dia menekankan bahwa acara yang berlangsung 16-18 September tersebut akan mengedepankan kearifan lokal. Harapannya, masyarakat Jogja dan juga yang datang akan sama-sama merasa nyaman.

Dia menambahkan para riders akan disambut di Pantai Depok Bantul pada 16 September 2022. Di Pantai Depok akan digelar pesta UMKM dan juga drag race untuk Harley Davidson. Acara dilanjutkan di Jogja Expo Center pada 17 September dengan agenda temu kangen para riders dari berbagai kota di Indonesia.

"Di JEC juga akan ada pesta UMKM dan pesta rakyat dimana masyarakat umum juga bisa menimati acara itu sambil menikmati hiburan musik," ungkap Santoso.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lukas Enembe Kembali Tak Penuhi Panggilan Penyidikan karena Sakit, Kuasa Hukum Ajak KPK ke Papua

News
| Senin, 26 September 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement