Advertisement

Kasus Covid-19 di Kulonprogo Terus Bertambah, Booster Dikebut

Catur Dwi Janati
Minggu, 04 September 2022 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Kasus Covid-19 di Kulonprogo Terus Bertambah, Booster Dikebut Ilustrasi. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kasus Covid-19 di Kulonprogo masih terus bertambah. Itulah sebabnya, vaksinasi di Kulonprogo pun terus digenjot. 

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati menjelaskan perubahan situasi Covid-19 per 4 September mengalami penambahan lima kasus positif. Kelima kasus baru terdeteksi dari pemeriksaan PCR maupun antigen. "PCR ada tiga asal Lendah. Diagnosisnya dua kontak erat dan satu suspek," kata dia, Minggu (4/9/2022).

Sementara itu dari pemeriksaan antigen, diketahui dua kasus positif diagnosis suspect. Keduanya merupakan lansia yan tinggal di Kalibawang. Kelima kasus baru yang terdeteksi dari PCR maupun antigen saat ini menjalani isolasi mandiri.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Berdasarkan data hingga Sabtu (3/9/2022) total kasus Covid-19 terkonfirmasi di Kulonprogo mencapai 29.758 kasus. Dari jumlah tersebut 540 dinyatakan meninggal dunia sementara 29 orang masih menjalani isolasi.

BACA JUGA: Janjinya Cuma Pinjam, Warga Banguntapan Bantul Malah Gadaikan Motor

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami menerangkan bila capaian vaksinasi satu dan dua Kulonprogo telah melampaui target nasional 70%. "Yang mungkin masih jadi PR adalah vaksinasi booster yang harapannya akhir tahun nanti 50 persen minimal, kami baru sekitar 30 persen," ujar dia.

Budi mengingatkan bahwa saat ini situasi Covid-19 masih berlangsung. Oleh karenanya vaksinnya masih perlu dilakukan, terlebih vaksinasi booster. "Jadi booster ini sangat perlu ya, karena pandemi belum berakhir. Lonjakan kasus walaupun ini satu dua tetapi dengan berjalannya waktu karena kekebalan itu berkurang, bisa saja nanti ini meningkat lagi," tandasnya.

Oleh karena itu, dengan situasi yang seperti ini Budi mengajak masyarakat tetap berminat tetap termotivasi untuk melakukan vaksinasi booster. Sentra vaksinasi akan diperbanyak hingga perbanyakan jadwal akan dilakukan untuk menggenjot capaian vaksinasi.

Selain di faskes, pos vaksinasi juga akan dibangun di luar faskes seperti di padukuhan, kalurahan atau pun di tempat-tempat favorit masyarakat. Untuk sasaran yang harus didatangi di rumah lantaran sebab-sebab tertentu, layanan vaksinasi pun siap dilakukan door to door.

Advertisement

"Kami akan kerja lintas semuanya berperan untuk menggerakan masyarakat, memberikan motivasi, memberikan KIE, mengamankan masyarakat bahwa booster itu penting," ujar dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kesaksian Penonton saat Tragedi Kanjuruhan, Kengerian Menyayat di Depan Mata

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement