Advertisement

Janjinya Cuma Pinjam, Warga Banguntapan Bantul Malah Gadaikan Motor

Catur Dwi Janati
Sabtu, 03 September 2022 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
Janjinya Cuma Pinjam, Warga Banguntapan Bantul Malah Gadaikan Motor Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Warga Bendungan, Wates, Kulonprogo, bernasib apes. Motor yang dipinjam tak kunjung dikembalikan, tetapi malah digadaikan.

Kasi Humas Polres Kulonprogo, Iptu Triatmi Noviartuti, mengatakan polisi menerima laporan dugaan penipuan di Bendungan, Wates. Mulanya pada Sabtu, 6 Agustus 2022, sekitar pukul 14.30 WIB, pelaku berinisial EP, 50, bersama saksi mendatangi rumah SRA, 43, untuk membahas tentang rental motor. 

Advertisement

BACA JUGA: Lahan Jalan Tol Jogja-Bawen Sekitar Selokan Mataram Diperluas, 2 Warga Ini Mulai Gelisah

"Terlapor belum bisa membayar sewa motor tersebut sebesar Rp5 juta dan meminjam sepeda motor korban dengan alasan untuk alat transportasi mengurus pengajuan pinjaman ke bank," ujar Novi pada Kamis (1/9/2022).

Kemudian dibuatlah surat pernyataan bahwa pelaku meminjam motor korban dari tanggal 6-9 Agustus 2022. Lalu pada Rabu 10 Agustus 2022, korban mendatangi rumah EP di Banguntapan, Bantul untuk menanyakan pengembalian sepeda motor. 

"Namun pelaku beralasan bahwa pinjaman bank belum cair, sehingga pelaku meminta perpanjangan waktu peminjaman motor selama satu pekan jatuh tempo pengembalian, namun belum juga dikembalikan dan berbagai macam alasan," jelas Novi. 

Akhirnya pelaku mengakui bila motor korban sudah digadaikan. Atas kejadian tersebut korban mengalami total kerugian sebesar Rp25 juta. Selanjutnya korban melaporkan kejadian ini ke Polres Kulonprogo. "Saat ini barang bukti yang disita, yakni surat pernyataan, surat keterangan leasing, dan kunci serep sepeda motor Beat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement