Advertisement

Pergelaran Wayang Purwa Bawakan Lakon Branta Lungit

Media Digital
Minggu, 11 September 2022 - 10:17 WIB
Sirojul Khafid
Pergelaran Wayang Purwa Bawakan Lakon Branta Lungit Pentas Wayang Purwa dengan Lakon Branta Lungit di Pintu Barat Teras Malioboro (TM) 2, Jumat (9/9/2022). - Ist/Disbud Kota Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Wayang Purwa bekerja sama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kota Yogyakarta. Gelaran ini merupakan bentuk implementasi dan pewujudan interpretasi nilai-nilai luhur Budaya Jawa.

Kali ini, Wayang Purwa membawakan Lakon Branta Lungit dengan Dalang Ki Bayu Aji Nugraha. Berlangsung Jumat (9/9/2022) pukul 19.30 WIB, para seniman ini beraksi di Pintu Barat Teras Malioboro (TM) 2. Gelaran ini merupakan kali kedua di tahun 2022, yang sebelumnya mengusung Lakon Gathutkaca Winisudha oleh Dalang Hendy Prasetyo di nDalem Notoyudan.

Pengemasan Pergelaran Wayang Purwa diramaikan dengan Goro-goro dengan penampilan spesial dari Rio Srundeng, There Sotil, dan Lantang. Kolaborasi ketiga pelaku budaya tersebut memberikan pesan akan nilai-nilai luhur dapat tersampaikan lebih mudah dan menyenangkan kepada masyarakat.

BACA JUGA: Cerita Driver Ojol Perempuan, Mengaspal Demi Menghidupi Keluarga

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya dalam pengembangan implementasi nilai-nilai luhur budaya yang tersirat dalam kesenian wayang. Selain menyajikan tontonan yang bersifat tuntunan kepada masyarakat, acara ini juga diselenggarakan dalam rangka turut memperingati satu Dasawarsa Keistimewaan.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap para seniman wayang untuk terus berkarya dan melestarikan kesenian wayang yang ada di Kota Yogyakarta. Kemudian untuk mewujudkan masyarakat yang semakin menghargai dan mencintai kebudayaan daerah khususnya yang ada di Kota Yogyakarta,” kata Yetti, dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (10/9/2022).

Kepala Bidang Warisan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Susilo Munandar, menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat melalui tontonan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai yang sarat akan makna kebaikan dalam kehidupan.

Dengan terlaksananya kegiatan Pergelaran Wayang Purwa ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi milenial terhadap kesenian wayang maupun pedalangan.

BACA JUGA: Anak Difabel di Tegalrejo Jogja Diperkosa, Pelaku Masih Berkeliaran

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dari Bidang Makanan sampai Kesehatan, 21 CEO Meraih Achievement Award

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement