Advertisement

Pertama Kalinya, Damkar Sleman Gelar Latihan Penyelamatan Vertikal

Anisatul Umah
Kamis, 15 September 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
Pertama Kalinya, Damkar Sleman Gelar Latihan Penyelamatan Vertikal Suasana latihan Damkar Sleman di Depan Kantor Bupati Sleman, Sleman, Rabu (14/9/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sleman menggelar 'Latih Tanding Vertical Fire Rescue' 2022 di Depan Kantor Bupati Sleman, Sleman, Rabu (14/9/2022). Kepala Seksi Operasional dan Investigasi Bidang Damkar Sleman, Nawa Murtiyanto, mengatakan kegiatan Vertical Rescue ini baru pertama kali digelar.

Dia menjelaskan, di dalam latihan ini digelar simulasi penyelamatan korban dari dalam sumur. Korban dinaikkan secara vertikal sampai ke titik aman. "Vertical rescue kali ini [pertama], kalau latihan bersama ini kedua kali. Sebelumnya latihan bersama upaya rescue di UGM sekarang latihan bersama ini kedua. Kalau tema yang ini baru pertama ini," ucapnya saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

Kegiatan hari ini akan menjadi pijakan di dalam mengambil langkah-langkah selanjutnya untuk meningkatkan kapasitas. Sehingga tim Damkar dan Tim Reaksi Cepat (TRC) siap menghadapi tantangan ke depan. "[output] kami ada peta kemampuan masing-masing personil," jelasnya.

BACA JUGA: Diduga Bakal Pungut Sumbangan Rp5 Juta ke Murid, SMK Negeri 2 Jogja Dilaporkan ke Ombudsman

Lebih lanjut dia menyampaikan, dari peta ini bisa disusun rencana pelatihan peningkatan kapasitas dalam bentuk penyelamatan-penyelamatan vertikal. "Khusus penyelamatan ini kan seperti apa kami tunggu hasilnya, terus hasilnya yang akan kami jadikan acuan latihan berikutnya," ucap Nawa.

Menurutnya alat-alat yang dibutuhkan untuk latihan satu hari ini cukup banyak. Per sekali main ada 34 item set rescue dari 20 jenis.

BACA JUGA: BMKG Prediksi La Nina Lemah Selama September-November, Begini Dampaknya terhadap Cuaca DIY

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tragedi Stadion Kanjuruhan, Airlangga Sampaikan Duka Mendalam

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

3 Rekomendasi Glamcamp Seru di Jogja

Wisata
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement