Advertisement

Akhir Pekan Ini, Yuk Nonton Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong

Nina Atmasari
Jum'at, 16 September 2022 - 13:07 WIB
Nina Atmasari
Akhir Pekan Ini, Yuk Nonton Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong Gunungkidul Tourism Fest. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Memeriahkan Peringatan Hari Pariwisata Dunia yang diperingati tiap tanggal 27 September, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menggelar Gunungkidul Tourism Fest di Destinasi wisata Watu Gendong Kalurahan Beji Kapanewon Ngawen Gunungkidul, pada Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan tersebut akan berlangsung pukul 15.00- 22.00 WIB. Di awal acara yakni pukul 15.00 adalah bazar UMKM tradisional dan lomba foto kontes, tarian tradisional reog, peragaan kain batik oleh Dimas Diajeng Gunungkidul dari pembatik cilik, demo pembuatan kain batik, dan penampilan band lokal.

Advertisement

Selanjutnya pada malam hari akan ada penampilan Bohemian Band, lighting show, penampilan tari tradisional Fire Dance, penampilan musik Rinding Gumbeng, Dapur Musik feat Gaseng Oom Wawes dan Pendhosa band.

Baca juga: Sultan: Malioboro Mall dan Hotel Ibis Bisa Terintegrasi dengan JPG

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, M. Arif Aldian menyampaikan pemilihan Destinasi Wisata Watu Gendong Beji Ngawen sebagai lokasi penyelenggaraan event ini dimaksudkan untuk mendukung perkembangan minat wisatawan di masa mendatang.

"Terdapat pergeseran tren dari wisata mass tourism ke wisata minat khusus yaitu salah satunya Desa Wisata, serta sebagai upaya pemerintah dalam mendukung penerapan CBT (Community Based Tourism) untuk menuju pariwisata yang berkelanjutan melalui penguatan aspek pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan dan pelestarian budaya," katanya, dalam keterangan pers, Jumat (16/9/2022).

Selain itu juga mempromosikan destinasi di sektor utara atau timur wilayah Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa wisata untuk menampilkan potensi yang dimiliki.

Baca juga: Buka Festival Kota Lama Semarang, Ganjar: Konsepnya Beda, Tempatnya Keren

"Kami berharap pariwisata Kabupaten Gunungkidul bisa menuju pariwisata kelas dunia. Di Kabupaten Gunungkidul saat ini sudah memiliki 38 Desa Wisata," katanya.

Ciri khas yang ada di masing-masing desa wisata menjadi daya tarik bagi wisatawan dari mancanegara dan terbukti masing-masing desa wisata unggul dengan berbagai pencapaian yang telah diraih. Di antaranya adalah Best Village Tourism 2021 dari UNWTO untuk Desa Wisata Nglanggeran, 300 Besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 untuk Desa Wisata Tepus, Desa Wisata Candirejo- Semin, Desa Wisata Kampung- Ngawen,100 besar dlm ajang ADWI 2022 untuk Desa Wisata Tepus & Desa Wisata Kampung, 50 besar dalam ajang ADWI 2022 untuk Desa Wisata Tepus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement