Advertisement

Resmi Menjabat Sekda Kulonprogo, Ini yang Jadi Fokus Triyono

Catur Dwi Janati
Selasa, 20 September 2022 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Resmi Menjabat Sekda Kulonprogo, Ini yang Jadi Fokus Triyono Triyono. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO — Kabupaten Kulonprogo kini resmi memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) setelah Triyono dilantik sebagai pengisi jabatan tersebut, Selasa (20/9/2022).

Sebagai Sekda Kulonprogo, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo itu menempatkan dua hal sebagai fokus kerjanya. Keduanya masing-masing adalah pengentasan kemiskinan dan perlindungan sosial dampak kenaikan harga BBM. 

Advertisement

Rencana terdekat, kata dia, yakni menggelar koordinasi di lingkup internal Pemkab Kulonprogo untuk menyusun strategi membangun Kulonprogo. Banyak tugas-tugas yang menurut Triyono harus dia kerjakan apalagi di tengah kenaikan BBM. "Pasti perekonomian akan sedikit terganggu," kata dia, Selasa.

BACA JUGA: Kredit Fiktif Pegadaian Brosot Rugikan Negara Rp4,9 Miliar

Di tengah situasi kenaikan harga BBM, Triyono menjelaskan sudah ada beberapa program Pemerintah Pusat dan APBD. Dari APBD, Triyono menjelaskan bahwa Pemkab Kulonprogo telah mengalokasikan anggaran untuk program padat karya, rehabilitasi irigasi dan subsidi transportasi.  

"Harapan kami dengan kenaikan harga BBM kemudian tidak ada kebaikan tarif yang memberatkan masyarakat karena kita subsidi. Itu yang dalam wakru dekat harus segera dieksekusi," ucap dia. 

Bagi Triyono, saat ini merupakan momen tepat untuk menyusun sebuah perencanaan anggaran yang akan dilaksanakan di APBD Perubahan maupun untuk APBD 2023.

Selain dampak kenaikan BBM, Triyono juga punya fokus upaya perihal pengentasan kemiskinan. Apalagi kemiskinan di Kulonprogo menurutnya masih cukup tinggi bahkan tertinggi di DIY, sehingga harus ada upaya untuk menekan angka kemiskinan. 

"Ini menurut saya tugas yang tidak ringan pasti berat amanah yang harus saya jalankan ini. Karena ini tugas untuk Pemkab Kulonprogo tentu saya akan merangkul semuanya, berkoordinasi dengan semua OPD dan teman-teman di jajaran Pemkab Kulonprogo, untuk ayo bareng-bareng mbangun Kulonprogo lebih maju lebih baik lagi," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 20 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement