Advertisement

Dubes Vasyl Hamianin: Puisi Karawang Bekasi Chairil Anwar Jadi Motivasi Tentara Ukraina Melawan Rusia

Sunartono
Jum'at, 23 September 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Dubes Vasyl Hamianin: Puisi Karawang Bekasi Chairil Anwar Jadi Motivasi Tentara Ukraina Melawan Rusia Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin saat menerima kenang-kenangan dari Pemred Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono dalam kunjungannya, Kamis (22/9/2022) malam. - Harian Jogja - Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengungkap ada sejumlah tokoh Indonesia yang saat ini menjadi motivasi masyarakat hingga tentara Ukraina. Tokoh itu beragam mulai dari penyair, politikus, tentara hingga polisi. 

Malam itu Kamis 22 September 2022, Vasyl Hamianin ditemani dua orang stafnya datang ke Redaksi Harian Jogja. Berdiskusi panjang lebar dengan jajaran redaksi. Salah satu dari sekian bahasan menarik yang ia ungkap adalah saat menunjukkan sejumlah foto baliho sosok penyair fenomenal Chairil Anwar berikut sajak Karawang Bekasi. 

“Kami cuma tulang-tulang berserakan..,” ucap Vasyl membacakan sajak sembari menunjukkan gambar Chairil Anwar yang telah didesain seperti baliho. 

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurutnya gambar tersebut telah dipasang di salah satu kota di Ukraina sebagai salah satu motivasi bagi tentara Ukraina yang sedang berjuang melawan invasi Rusia. Foto dan syair Chairil Anwar dipasang di Kota Nizhyn. Merupakan sebuah kota yang terletak 116 km timur laut dari ibukota nasional Kyiv yang turut menjadi target rudal tentara Rusia. 

Sebagaimana diketahui puisi Karawang Bekasi merefleksikan pembantaian oleh tentara Belanda yang terjadi antara Karawang hingga Bekasi. Chairil Anwar mencobah menghadirkan sikap patriotisme pada setiap bait Karawang Bekasi. Pantang menyerah dan rela berkorban berupa harta, benda, keluarga, tenaga, hingga jiwa dan raga demi negara. 

BACA JUGA: Hakim Agung Terkena OTT KPK Ternyata Lulusan Padmanaba dan UII Jogja

Selain Chairil Anwar, kata Vasyl, ada pujangga Ronggowarsito yang juga menjadi sosok yang diidolakan di Ukraina. “Seperti yang saya kira, dia adalah sosok figur global, skala global tapi tidak banyak orang di dunia bisa seperti dia. Mungkin karena tidak banyak puisi dan bukunya yang diterjemahkan ke bahasa lain, sehingga tidak banyak masyarakat dunia yang mengidolakannya,” kata Vasyl. 

Menariknya, selain penyair masih banyak tokoh Indonesia yang menjadi idola di Ukraina. Di antaranya Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso yang menjadi inspirasi bagi para pejabat pemerintah Ukraina agar tidak melakukan korupsi. Vasyl mengungkap Hoegeng sebagai simbol kejujuran yang menjauhi korupsi. 

Jenderal Sudirman, Soekarno dan Bung Tomo, kata dia, sudah pasti menjadi idola sejak lama. Fotonya dibikin dengan konsep menghiasi kalender. Bahkan ada yang dijadikan sebagai perangko untuk diterbitkan secara terbatas.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terinspirasi Bung Tomo & Soedirman, Warga Ukraina Siap Mati

News
| Selasa, 27 September 2022, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement