Advertisement

Ada Layanan Jemput Bola untuk Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Sleman

Lugas Subarkah
Selasa, 27 September 2022 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Ada Layanan Jemput Bola untuk Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Sleman Ilustrasi. - JIBI/Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman menggelar Layanan Jemput Bola Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Selasa (27/09/2022).

Kegiatan ini merupakan implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 72/2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.

Advertisement

Kepala Disdukcapil Sleman, Susmiarto mengatakan pelayanan jemput bola aktivasi identitas digital ini dimulai dari pegawai Disdukcapil terlebih dahulu dan dilanjutkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap mulai dari bulan September yang selanjutnya pada tahun 2023 ditargetkan kepada masyarakat. Selain di lingkungan pemerintah daerah, layanan ini juga dibuka di seluruh kapanewon,” ujarnya.

BACA JUGA: Anomali Wisata Jogja: Tetap Tinggi Meski Harga Melonjak

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman, Endang Multasih, menuturkan layanan aktivasi identitas kependudukan ini merupakan salah satu upaya Disdukcapil untuk mempercepat akses layanan publik.

Endang menambahkan bahwa dengan adanya aplikasi Identitas Kependudukan Digital ini dapat mempermudah masyarakat karena semua dokumen sudah dapat diakses secara digital melalui gawai dengan barcode. "Arahnya ke digitalisasi yang mempercepat akses layanan publik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengadaan Lahan Bendungan Bener Purworejo Sudah 95 Persen

News
| Minggu, 04 Juni 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

8 Spot Kuliner Malam di Jogja

Wisata
| Sabtu, 03 Juni 2023, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement