Advertisement

Tol Jogja-YIA Dikebut, 2 Tim Dikerahkan untuk Sosialisasi

Sunartono
Kamis, 29 September 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja-YIA Dikebut, 2 Tim Dikerahkan untuk Sosialisasi Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY berupaya mempercepat sosialisasi pembangunan Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Dua tim sosialisasi akan diterjunkan secara paralel atau bersamaan di tiga kabupaten yang dilintasi jalur tol ini. 

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno menjelaskan hingga akhir September 2022, lembaganya masih mempersiapkan tim persiapan pembebasan lahan Tol Jogja YIA. Tim ini berisi personel Pemda DIY, Pemerintah Pusat, serta Badan Pertanahan Nasional. 

Advertisement

Setelah tim ini terbentuk, agenda pertama yang akan dilakukan yaitu pertemuan dengan Bupati Sleman, Bantul, dan Kulonprogo untuk menginformasikan rencana sosialisasi. 

“Kami masih membentuk tim persiapan. Untuk sowan ke kepala daerah, akan kami agendakan setelah tim persiapan pembebasan lahan ini terbentuk, mungkin mulai Oktober mendatang,” katanya, Kamis (29/9/2022). 

Krido menambahkan sosialisasi akan digelar secara paralel dengan mengerahkan dua tim. Dengan demikian, dalam satu hari sosialisasi bisa dijalankan di dua kabupaten berbeda. Pada November, sosialisasi akan dimulai dan diharapkan selesai pada bulan tersebut. 

“Harapan kami November [2022] full berjalan dan rampung. Kami lakukan secara paralel biar cepat, membentuk dua tim. Tim sosialisasi dua yang terjun. Bisa jadi Kulonprogo dan Sleman bersamaan. Biar cepat,” katanya. 

Meski demikian, ia belum dapat menyampaikan jadwal sosialisasi karena harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk kalurahan di wilayah terdampak pembangunan. 

BACA JUGA: Pembangunan Tol Jogja-YIA Didahulukan untuk Mengakomodasi Wisatawan

Proses penerbitan izin penetapan lokasi (IPL) trase Tol Jogja YIA, kata dia, akan sangat bergantung pada kecepatan konsultasi publik yang digelar setelah sosialisasi. Tim persiapan pengadaan lahan harus menyiapkan berkas untuk pendataan awal terkait dengan dukungan warga terdampak pembangunan. 

“Jadi tergantung kecepatan dan ketepatan dalam konsultasi publik. Kami harus mendata awal sehingga dukungan warga sangat menentukan,” katanya. 

Ia memastikan desain Tol Jogja YIA akan disampaikan kepada warga saat sosialisasi. Hingga saat ini, desain tersebut sudah final setelah melalui empat kali revisi. “Semua akan kami sampaikan ke warga, kami harus menyampaikan informasi itu secara utuh,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alihkan Kuota Haji Reguler ke Furoda, Kemenag Disebut Sembrono

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement