Advertisement

Pembangunan Tol Jogja-YIA Didahulukan untuk Mengakomodasi Wisatawan

Lugas Subarkah
Kamis, 29 September 2022 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Pembangunan Tol Jogja-YIA Didahulukan untuk Mengakomodasi Wisatawan Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Jogja Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang menjadi bagian Tol Jogja Solo akan didahulukan untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan yang akan perlibur ke Jogja dan sekitarnya.

Pengerjaan konstruksi Tol Jogja Solo terus berlanjut. Setelah proses land clearing di Kalurahan Purwomartani, Kapanewon kalasan, pembangunan fisik difokuskan ke Seksi 1 wilayah Jawa Tengah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Rachmat Jasiman, Manajer Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM) menjelaskan saat ini pengerjaan fisik masih berlangsung di Seksi 1 wilayah Jawa Tengah, tepatnya Klaten. “Pembangunan di Jogja diisyaratkan di akhir,” katanya, Kamis (29/9/2022).

Di DIY, pembangunan masih di tahap land clearing di Kalurahan Purwomartani. Setelah Tol Jogja Solo Seksi 1 selesai dibangun, pembangunan dilanjutkan ke Seksi 3 atau Jogja YIA

Tol Jogja Solo Seksi 1 membentang dari Kartasura-Purwomartani, sedangkan Seksi 2 sepanjang Purwomartani-Gamping dan Seksi 3 Gamping-YIA. “Rencananya Seksi 1 dilanjutkan ke Seksi 3 dulu, Gamping-YIA, setelah itu baru masuk seksi 2,” katanya.

Pembangunan Tol Jogja YIA didahulukan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang ke Jogja. “Agar wisatawan yang  menggunakan transportasi udara melalui Bandara YIA bisa dengan cepat sampai ke Jogja,” ungkapnya.

Pembangunan Tol Jogja Solo Seksi 1 ditargetkan selesai pada kuartal keempat 2023. Pembebasan lahan di sepanjang Gamping-YIA pun juga segera dilakukan.

BACA JUGA: Pengadaan Lahan Tol Jogja YIA Disiapkan, Sebagian Akan Melayang di Atas Ring Road

Advertisement

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembebasan lahan Tol Jogja Solo, Dian Ardiyansyah, menuturkan pembebasan lahan Tol Jogja YIA saat ini sedang menunggu pembentukan tim persiapan. “Masih menunggu SK Tim Persiapan dari Gubernur DIY,” ujarnya.

Perkembangan pembebasan lahan di Seksi 1 wilayah Jogja saat ini masih sama dengan awal September lalu, yakni 41%. “Total ada 841 bidang yang sudah dibebaskan dan luasnya 377.266 meter persegi,” kata dia.

Lahan yang telah dibebaskan itu berada di dua kalurahan, yakni Tamanmartani dan Purwomartani dengan rincian Tamanmartani 80 bidang seluas 36.061 meter persegi dan Purwomartani 761 bidang seluas 341.176 meter persegi.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement