Advertisement

Sepanjang 2022, Kedatangan WNA ke DIY Didominasi Warga Malaysia, Ini Penyebabnya

Anisatul Umah
Kamis, 29 September 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Sepanjang 2022, Kedatangan WNA ke DIY Didominasi Warga Malaysia, Ini Penyebabnya Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta mencatat kunjungan warga negara asing (WNA) ke DIY sepanjang Januari sampai 31 Agustus 2022 didominasi oleh warga negara Malaysia sebanyak 1.554 orang. Disusul Spanyol sebanyak 91 orang, Belanda 63 orang, Perancis 58 orang, dan Italia 44 orang.

Kepala Seksi Teknologi informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jogja, Sri Mulyani mengatakan sebenarnya catatan kedatangan WNA 2022 tersebut terhitung mulai April 2022, karena sebelumnya ada pembatasan penerbangan akibat pandemi Covid-19 pada Januari 2022 sampai Maret 2022.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sampai saat ini, kata dia, penerbangan baru dilayani oleh satu Maskapai Air Asia degan rute Malaysia-Yogyakarta. Dalam sepekan hanya ada dua kali penerbangan yakni hari Jumat dan Minggu.

"Dari Malaysia bisa direct ke Jogja, sedangkan kalau dia warga negara Eropa dia kan gak bisa direct ke Jogja. Harus ke Singapura, dan dari Singapura belum ada yang langsung ke Jogja," ucapnya, Kamis (29/9/2022).

BACA JUGA: Akhir Tahun, Sleman Tersambung Jaringan Gas dari Semarang

Dengan dibukanya rute Malaysia-Yogyakarta, dia mengaku cukup berdampak pada peningkatan kedatangan WNA ke DIY. Indikator WNA datang ke DIY karena adanya kemudahan, seperti adanya rute yang bisa langsung ke Jogjakarta ini.

"Dengan adanya penerbangan langsung ke Jogja akan mendongkrak. Karena sekarang ini dipusatkan masih di Bali, jadi untuk wisatawan masih banyak ke Bali," jelasnya.

Secara grafik jumlah penumpang di rute ini masih naik turun. Saat Mei 2022 tinggi, Juli 2022 menurun, dan Agustus 2022 kembali naik meski tidak signifikan.

Advertisement

"Yang jelas sekarang ini, seminggu baru dua kali, Air Asia saja, orang asing yang mau ke Jogja enggak dapat dari Malaysia, dia landing di Bandara Soekarno-Hatta atau Bali. Baru ke Jogja. Ini gak bisa kami pantau, karena bisa dengan pesawat domestik atau kereta," ucapnya.

Sepanjang 2022 kedatangan WNA ke Yogyakarta berasal dari 49 negara dengan jumlah total 2.152 orang. Jumlah kedatangan WNA dari Singapura yang dekat dengan Indonesia justru ada di posisi ke-10 sebanyak 19 orang.

"Singapura justru sedikit. Ada juga dari Eropa, belum tentu kunjungan wisata, bisa jadi ada perkawinan campuran, dia lama gak balik Indonesia," kata dia.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement