Advertisement

Gerakkan Ekonomi Warga, Pasar Minggon Digelar di Bantaran Sungai Code

Sunartono
Senin, 03 Oktober 2022 - 06:57 WIB
Budi Cahyana
Gerakkan Ekonomi Warga, Pasar Minggon Digelar di Bantaran Sungai Code Pelaksanaan Pasar Minggu di Bantaran Sungai Cide, Jetisharjo, Jetis, Kota Jogja, Minggu (2/10/2022). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Minggon digelar di Bantaran Sungai Code di Jetisharjo, Kapanewon Jetis, Kota Jogja, Minggu (2/10/2022). Kegiatan itu menghadirkan pelaku UMKM dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga. 

Ketua RW 07 Jetisharjo, Jetis, Kota Jogja, Ahmad Hermawan, menjelaskan Pasar Minggon digelar setiap Minggu di Bantaran Sungai Code sejak awal 2021. Selain memberikan kesempatan kepada UMKM dari warga, pasar ini juga berisi berbagai kegiatan seperti senam, pentas musik, demo masak, dan kegiatan seni. Konsep setiap pekan diubah sehingga masyarakat tidak jenuh dan diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif hiburan bagi warga di hari Minggu.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Harapannya banyak yang datang dan membeli dagangan pelaku UMKM, karena UMKM ini sebagian besar merupakan warga sekitar,” katanya di sela-sela kegiatan Pasar Kita Semua yang digelar PKS Kota Jogja di kawasan Sungai Code RW 07 Jetis, Kota Jogja, Minggu (2/10/2022). 

Ia menambahkan kegiatan itu terbukti dapat menggerakkan perekonomian warga karena terjadi transaksi beragam produk UMKM. Di sisi lain, warga yang memiliki kecukupan secara ekonomi juga dapat berbelanja di UMKM pada event tersebut. “Ini bagian dari semangat warga juga untuk menjaga kondisi Sungai Code agar tetap bersih. Kebetulan di kawasan kami ada tiga mata air Sungai Code yang harus dilestarikan,” katanya. 

Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Jogja Muhammad Fauzan menyatakan partainya memiliki komitmen untuk menggerakkan perekonomian arus bawah seperti keberadaan Pasar Minggon di Jetisharjo. Dalam event tersebut, sebagian besar kadernya ikut memborong barang dagangan pelaku UMKM. Program Pasar Kita Semua yang digagas partainya sebagai upaya untuk menguatkan destinasi wisata di bantaran Kali Code. 

Ia menilai keberadaan tiga sungai besar yang melewati Kota Jogja harus dikelola dengan baik terutama untuk pengembangan perekonomian agar bermanfaat bagi warga di bantaran. “Pengelolaannya bisa bermacam, seperti Pasar Minggon ini, dapat juga untuk destinasi wisata. Jika digarap dengan baik akan membangkitkan ekonominya masyarakat di bantaran kali Code," ujarnya. 

Pasar Kita Semua harus memberikan kontribusinya kepada para pelaku UMKM untuk kembali bangkit setelah dihantam pandemi. “Kami siap memberikan support kepada para pelaku UMKM, melalui pendampingan usaha, bantuan, pelatihan,” ucap perwakilan DPD PKS Kota Jogja Bambang Jalumurti. 

BACA JUGA: Digali dari Arsip HB I, Kraton Luncurkan Katalog Digital Motif Batik Larangan

Advertisement

Asekda Perekonomian dan Pembangunan Kadri Renggono yang hadir hadir dalam kegiatan itu menilai bazar UMKM yang digelar di bantaran sungai menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Selain itu menjadikan kondisi sungai terawat lebih baik. 

“Pemkot Jogja berkomitmrn untuk mengembangkan kegiatan UMKM, ini diperlukan sinergi dengan berbagai pihak. Seperti hari ini teman-teman PKS mencoba untuk mengekplorasi potensi di Kemantren Jetis,” ujarnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Film Strangers with Memories Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Publik

News
| Rabu, 30 November 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement