Advertisement

Terkena Bencana, Lima Kapanewon di Bantul Dapat Bantuan

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 05 Oktober 2022 - 08:07 WIB
Sirojul Khafid
Terkena Bencana, Lima Kapanewon di Bantul Dapat Bantuan Foto ilustrasi: Warga sedang membersihkan sisa material talut yang ambrol di Dusun Ketos, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Selasa (10/3/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Lima kapanewon di Bantul yang terkena bencana mendapatkan bantuan logistik dan beberapa barang lainnya. Lima kapanewon yang terdampak bencana hidrologi ini yaitu Dlingo, Imogiri, Pleret, Bambanglipuro, dan Piyungan.

Penyaluran bantuan yang berasal dari enam Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Gudang Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bantul berlangsung Senin (3/10/2022). Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Bantul, Jazim Ahmadi, mengatakan bantuan setiap daerah berbeda-beda, sesuai dengan kondisinya.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Adapula wilayah Kalurahan Seloharjo yang terdapat tanah longsor dan tanggul jebol namun tidak mendapatkan bantuan. “Kejadian tersebut tidak sampai menyebabkan kerusakan pada rumah warga, sehingga tidak ada bantuan logistik yang diberikan,” kata Jazim, Selasa (4/10/2022).

Dalam melakukan upaya perlindungan terhadap korban bencana alam, Jazim mengatakan sedang mendata ketersediaan logistik di Gudang Dinsos dan lumbung sosial di 10 KSB. “Setelahnya kami akan mengajukan penambahan stok ke Dinsos DIY atau Kemensos,” ucapnya.

BACA JUGA: Mengaku Komentari Tragedi Kanjuruhan Secara Tak Patut, Admin Medsos Polsek Srandakan Ditahan

Sampai saat ini, anggaran untuk pengadaan logistik melalui APBD Kabupaten Bantul capai Rp40 juta. Sedangkan dana yang berasal dari APBN jumlahnya tidak menentu, tergantung pemberian dari pusat. “Tidak bisa kami pastikan karena sudah berwujud paket makanan tambahan, paket alat dapur, paket makanan anak, paket bayi, terpal, dan yang lainnya,” katanya.

Adapun nilai stok peralatan dan logistik yang berada di Gudang Dinsos Kabupaten Bantul hingga 30 September kemarin mencapai sekitar Rp192 juta. Beberapa telah disalurkan ke Bambanglipuro.

“[Stok di Gudang Dinsos] itu full dari Kemensos. Di tambah lagi di dudang tidak hanya berisi barang untuk diperbantukan, tapi juga ada peralatan seperti tenda, rompi pelampung, peralatan personal untuk anggota tagana,” lanjutnya.

Advertisement

Rincian bantuan untuk lima kapanewon

KSB Manggala Jati menyalurkan logistik dan perlengkapan angkringan ke Dusun Dodogan, Jatimulyo, Dlingo. KSB Rekso Bumi menyalurkan beras, paket makanan, lauk siap saji, dan tenda gulung ke Dusun Tangkil, Muntuk, Dlingo.

Sementara KSB Bima Sakti menyalurkan logistik dan perlengkapan tidur kepada pemilik rumah yang terkena longsoran tebing di tiga dusun di Kalurahan Wukirsari yaitu Cengkehan, Dengkeng, dan Karangasem.

KSB Barak Lintang menyalurkan bantuan ke Dusun Sanan, Bawuran, Pleret yang menjadi lokasi talud longsor. Untuk KSB Agung Manunggal, mereka menyalurkan logistik dan tenda ke Dusun Wunut dan Mojolegi, Kapanewon Imogiri yang menjadi lokasi tebing jembatan longsor dan rumah yang terkena longsoran talud.

Advertisement

BACA JUGA: Kera Ekor Panjang Serang Lahan Pertanian di Bantul

Logistik juga disalurkan dari Gudang Dinas Sosial ke Dusun Plebengan, Sidomulyo, Bambanglipuro dengan sasaran warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang. Terakhir, KSB Srimatani menyalurkan logistik dan tenda gulung ke satu warga Dusun Rejosari, lima warga di Dusun Kemloko, dua warga di Dusun Jasem, satu warga di Dusun Jolosutro, dan dua warga di Dusun Kaligatuk.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Korpri Diharapkan Jadi Akselerator

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PLN Tanam 19.000 Pohon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia 2022

News
| Selasa, 29 November 2022, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement