Advertisement

Jembatan Merah Dipertahankan, Jembatan Baru Kelar Pertengahan Oktober

Lugas Subarkah
Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Jembatan Merah Dipertahankan, Jembatan Baru Kelar Pertengahan Oktober Pengerjaan pembangunan jembatan baru di selatan Jembatan Merah masih berlangsung, Rabu (5/10/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Pembangunan jembatan yang menggantikan Jembatan Merah sebagai penghubung Jalan Affandi dengan Jalan Tantular, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, akan segera selesai. Meski sudah ada jembatan baru, Jembatan Merah akan tetap dipertahankan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan kawasan Permukiman (PUPKP) Sleman, Taufiq Wahyudi, menjelaskan pengerjaan jembatan baru tersebut ditarget selesai pada Oktober ini. “Target selesai pertengahan Oktober sudah PHO [provisional hand over/serah terima pekerjaan],” ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia menuturkan, desain jembatan yang baru ini sudah sama sekali berbeda dengan Jembatan Merah. Desain jembatan baru tersbeut menggunakan desain jembatan modern, seperti yang diterapkan pada Jembatan Rejodani, Kalurahan Sariharjo, Kapanewon Ngaglik.

BACA JUGA: Nasib Jembatan Merah Gejayan, Pemkab: Tinggal Jadi Monumen

Jembatan baru ini memiliki lebar total sembilan meter yang terdiri dari dua trotoar masing-masing satu meter dan jalan tujuh meter. Selain dari sisi bentuknya yang berbeda, konstruksi jembatan baru ini pun dipastikan lebih kuat dibanding Jembatan Merah. “Sama seperti yang di Prambanan, Grombyangan,” ungkapnya.

Jembatan baru ini dibangun beberapa meter di sebelah selatan Jembatan Merah. Aadpun Jembatan Merah tetap dipertahankan seperti semula. Nantinya di lokasi tersebut akan berdiri dua jembatan, meski Jembatan Merah tidak akan digunakan untuk akses jalan.

Dipertahankannya Jembatan Merah ini merupakan permintaan masyarakat untuk tidak dirobohkan. “Jadi dari masyarakat untuk bisa mungkin jadi tempat wisata, taman atau apa. Tetapi bukan untuk akses jalan,” katanya.

Jembatan Merah tersebut diketahui sudah cukup lama mengalami kerusakan berat, di antaranya bagian pondasi bawah keropos dan sebagian tanah sekitar pondasi terkikis oleh aliran sungai. Perbaikan jembatan sudah direncanakan pada tahun sebelumnya namun terkendala refocusing anggaran Covid-19.

Advertisement

Pembangunan Jembatan Merah yang baru ini menggunakan pagu anggaran senilai Rp6,3 miliar. Jembatan ini menjadi satu dari 10 proyek strategis Pemkab Sleman tahun 2022. Dalam pelaksanaan 10 proyek strategis tersebut, Pemkab Sleman menganggarkan total Rp280 miliar.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement