Advertisement

Warga Berharap Jalan di Kawasan Industri Semin Gunungkidul Diperbaiki Semua

David Kurniawan
Rabu, 05 Oktober 2022 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Warga Berharap Jalan di Kawasan Industri Semin Gunungkidul Diperbaiki Semua Sejumlah pekerja sendang melakukan pengerasan untuk perbaikan jalan rusak di Dusun Bangunsari, Candirejo, Semin, Gunungkidul, Rabu (5/10/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jalan rusak di kawasan industri Semin di Dusun Bangunsari, Candirejo, Gunungkidul, mulai diperbaiki. Warga berharap perbaikan bisa dilakukan di seluruh ruas jalan yang rusak sepanjang 3,6 kilometer.

Salah seorang warga Bangunsari, Candirejo, Semin, Suyamto, mengatakan perbaikan sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Sejumlah alat berat diterjunkan untuk pemerataan dan pengerasan jalan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Setelah lama rusak akhirnya bisa diperbaiki,” kata Yamto kepada Harianjogja.com, Rabu (5/10/2022).

Dia menjelaskan jalan yang rusak ini menjadi akses menuju ke pabrik sarung tangan dan menjadi penghubung antara wilayah Semin dan Ngawen. Di sepanjang jalur ini juga ditetapkan sebagai wilayah peruntukan industri di Gunungkidul.

Menurut Yamto, perbaikan merupakan hal yang mutlak untuk mendukung upaya percepatan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan yang diharapkan pemerintah. Ia berharap perbaikan di seluruh ruas jalan yang rusak bisa direalisasikan.

“Sesudah ada pabrik, jalan makin ramai. Truk pengangkut batu juga sering lalu lalang karena banyak pabrik pengergajian yang didirikan warga,” katanya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Wadiyana mengatakan perbaikan jalan rusak di kawasan industri Semin menjadi salah satu prioritas untuk dikerjakan. Tahun ini dialokasikan sebesar Rp1,9 miliar, tetapi  setelah melalui proses lelang, perbaikan hanya menelan biaya Rp1,49 miliar.

Meski demikian, ia mengakui perbaikan di tahun ini belum menyasar ke seluruh rusak jalan yang rusak. Berdasarkan hasil kajian, ruas jalan yang rusak sepanjang 3,6 kilometer.

Advertisement

“Anggaran yang ada baru digunakan untuk perbaikan ruas jalan sepanjang 500 meter,” kata Yana.

BACA JUGA: 7 SD Negeri di Bantul Rusak dan Membahayakan sehingga Butuh Perbaikan

Dia menjelaskan, anggaran yang dimiliki Pemkab Gunungkidul masih sangat terbatas. Oleh karenanya, proses dilakukan secara bertahap.

Advertisement

Guna merealisasikan perbaikan secara menyeluruh, pemkab sudah mengusulkan untuk lanjutan pembangunan di tahun depan. “Sedang proses pengusulan agar masuk di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah [APBD] 2023,” katanya.

Yana mengakui pembangunan sama dengan proses perbaikan jalan provinsi di wilayah Candirejo dengan model cor beton FS45. “Memang kita cor beton agar lebih kuat dan tahan lama,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Alasan Glints PHK Karyawan

News
| Kamis, 08 Desember 2022, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Jalan Layang Paling Membingungkan di Dunia, Perlu 10 Menit Keluar Kalau Salah Jalur

Wisata
| Rabu, 07 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement