Advertisement

Audit Stadion Mandala Krida Menunggu Surat Edaran Pusat

Triyo Handoko
Jum'at, 07 Oktober 2022 - 08:37 WIB
Sirojul Khafid
Audit Stadion Mandala Krida Menunggu Surat Edaran Pusat Stadion Mandala Krida Joga - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengelola Stadion Mandala Krida belum ada bahasan untuk mengaudit sarana prasarana bangunan. Pembahasan audit akan dilakukan menanggulangi tragedi Stadion Kanjuruhan di Stadion Mandala Krida dilakukan jika sudah ada surat edaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Berdasarkan instruksi Presiden Jokowi, Kementerian PUPR ditugasi untuk mengaudit keamanan stadion di seluruh Indonesia guna mencegah tragedi Kanjuruhan di stadion lain. Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (PU PESDM) DIY mengatakan pengelola Stadion Mandala Krida belum mendapat surat edaran audit tersebut.

Advertisement

“Surat edarannya juga belum ada, karena memang instruksi presiden juga baru kemarin sore, kami masih menunggu suratnya,” kata Pegawai Bidang Umum Dinas PU ESDM DIY, Iwan Purnama, Kamis (6/10/2022).

BACA JUGA: Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi di DIY, DP3AP2 DIY Tingkatkan Pemberdayaan Gender

Audit di lingkungan Dinas PU PESDM DIY, lanjut Iwan, biasanya diberikan pada pihak ketiga. “Dilakukan pihak ketiga biar lebih transparan dan akuntabel, karena yang membangun kami maka yang lebih pas mengaudit pihak eksternal dengan sistem pihak ketiga,” terangnya.

Kapasitas Stadion Mandala Krida sebanyak 35.000 penonton. “Stadion Mandala Krida kalau bangunan fisik memang dikelola kami, tapi kalau sistem keamanan, standarisasi, dan lainnya dilakukan Disdikpora DIY, karena bagaian olahraganya di sana,” kata Iwan.

Sementara itu Pemkot Jogja tak memiliki hak pengelolaan Stadion Mandala Krida. Kepala Dinas PUPR Jogja, Hari Setyowacono, menyebut tak ada stadion yang dikelola oleh Pemkot Jogja.

BACA JUGA: Kunjungi Jogja, Bank Pangan Indonesia: Nilai Makanan Mubazir Indonesia Capai Rp350 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

43,76% Masyarakat Belum Daftar Ulang Kendaraan, Ini Bahayanya..

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Bukan Kompetitor, Wisata Joglosemar Diminta Lebih Bersinergi

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement