Advertisement

KTP Digital Diterbitkan di DIY Agar Layanan Kependudukan Terintegrasi

Media Digital
Rabu, 12 Oktober 2022 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
KTP Digital Diterbitkan di DIY Agar Layanan Kependudukan Terintegrasi Pelayanan pendaftaran KTP Digital di Bangsal Wiyotoprojo, Kompleks Kepatihan oleh Tapem Sekda DIY pada Selasa (11/10/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Sekda) DIY mulai memberikan layanan penerbitan KTP Digital. Berbentuk digital, KTP ini mengintegrasikan berbagai layanan kependudukan jadi lebih mudah bagi masyarakat.

Sasaran pertama penerbitan KTP Digital adalah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemda DIY. Penerbitan ini baru pertama kali dilakukan dan berlangsung di Bangsal Wiyotoprojo, Komplek Kepatihan pada Selasa dan Rabu (11-12/10/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kepala Bagian Bina Admindukcapil Tapem Sekda DIY Rohani Yulianti menjelaskan KTP Digital sebagai program baru Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Tujuannya untuk memudahkan pelayanan publik berbasis digital, jadi kedepannya harapannya lewat KTP Digital ini pelayanan dapat lebih mudah dan maksimal,” jelasnya, Selasa (11/10/2022).

Yuli menyebut dalam KTP Digital berbagai dokumen lain terintegrasi dalam satu aplikasi. “Jadi di dalam KTP Digital nanti bisa melihat Kartu Keluarga, NPWP, sampai surat kepemilikan kendaraan,” katanya.

Integrasi tersebut akan memudahkan pelayanan publik terutama pada masyarakat. “Karena cukup memperlihatkan KTP Digital di handphone, pelayanan bisa mudah dilakukan,” ujarnya.

Aplikasi KTP Digital, lanjut Yuli, sudah dilengkapi sistem keamanan yang mumpuni. “Nanti ada sandi kunci yang hanya bisa diketahui pemiliknya, untuk saat ini hanya handphone berbasis Android yang dapat mengaksesnya karena masih awalan,” terangnya.

KTP Digital juga belum diwajibkan, jelas Yuli, karena belum semua orang punya gadget. “Karena masih awalan juga masih perlu tahapan, tapi melihat perkembangan teknologi arah pelayanan publik juga harus menyesuaikan kesana,” ucap dia.

Pelayanan yang diberikan untuk mendaftar KTP Digital dibagi berdasarkan kabupaten dan kota. “Belasan pegawai kami sudah siapkan untuk memberikan pelayanan pendaftaran KTP Digital ini,” kata Yuni.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

20.000 Buruh Pabrik Foxconn Resign, iPhone 14 Pro dan Pro Max Langka

News
| Senin, 28 November 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sajian Musik Etnik Dihadirkan Demi Hidupkan Wisata Budaya Kotagede

Wisata
| Senin, 28 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement