Advertisement

Dua Kalurahan di Seksi 1 Proyek Tol Jogja-Solo Akan Dibebaskan

Lugas Subarkah
Rabu, 12 Oktober 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Dua Kalurahan di Seksi 1 Proyek Tol Jogja-Solo Akan Dibebaskan Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Pembebasan lahan untuk proyek tol Jogja-Solo akan segera dilanjutkan di beberapa kalurahan. Pembebasan lahan diutamakan di wilayah DIY seksi 1, sebelum menginjak wilayah DIY seksi 3.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembebasan lahan tol Jogja-Solo, Dian Ardiyansyah, menjelaskan saat ini pihaknya tengah mengajukan pembebasan lahan di dua Kalurahan di Kapanewon Kalasan. “Masih proses pengajuan untuk Desa Selomartani dan Tirtomartani,” ujarnya, Rabu (12/10/2022).

Advertisement

Kedua kalurahan tersebut masih berada di seksi 1 tol Jogja-Solo, berdekatan dengan dua kalurahan yang sebelumnya sudah mendapat pencairan ganti rugi, Tamanmartani dan Purwomartani. “Semoga minggu depan sudah bisa diajukan ke LMAN [Lembaga Manajemen Aset negara],” katanya.

Di seksi 1, saat ini pembebasan lahan sudah mencapai sebesar 41% yang mencakup 841 bidang dan luas 377.266 meter persegi. Rincian per kalurahan meliputi Tamanmartani 80 bidang dengan luas 36.061 meter persegi, Kalurahan Purwomartani 761 bidang dengan luas 341.176 meter persegi.

Manajer Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jasiman, mengatakan jika dilihat dari ketiga seksi yang berada di wilayah DIY, pembebasan lahan baru sebesar 5,54%. “Itu pembebasan lahan yang sudah di masuk pencairan UGK [uang ganti kerugian],” ungkapnya.

Pihaknya menargetkan selesai pembangunan fisik pada kuartal 4 2023. Setelah seksi 1 selesai, konstruksi dilanjutkan di seksi 3, yakni Gamping-Yogyakarta International Airport (YIA), yang saat ini juga tengah dipersiapkan pembebasan lahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement