Advertisement

Merti Sriharjo Digelar Meriah

Media Digital
Minggu, 16 Oktober 2022 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Merti Sriharjo Digelar Meriah Merti Sriharjo, upacara adat tahunan digelar di Kalurahan Imogiri, Bantul, Minggu (16/10 - 2022). Upacara adar itu bertema Sigra Hangasta, Hayuning Bawana.

Advertisement

BANTUL—Merti Sriharjo, upacara adat tahunan digelar di Kalurahan Imogiri, Bantul, Minggu (16/10/2022). Upacara adar itu bertema Sigra Hangasta, Hayuning Bawana.

Tradisi Merti Sriharjo pada tahun ini diselenggarakan secara sederhana dengan melibatkan seluruh warga Sriharjo, acara akan diawali dengan kirab gunungan dari 13 padukuhan dan 1.000 ambeng dari 80 RT yang ada di kalurahan Sriharjo. Setelah berkumpul di lapangan acara akan dilanjutkan dengan prosesi doa bersama (kenduri gedhen) yang diawali dengan pembacaan macapat dari komunitas macapat somaratri, selanjutnya setelah doa selesai akan diadakan perebutan gunungan hasil bumI kepada semua yang hadir dan makan bersama peserta acara dan tamu undangan serta warga yang hadir dengan hidangan ambeng yang juga akan dibagi bagikan kepada warga.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sriharjo Titik Istiyawatun Khasanah mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh warga dalam acara ini.

"Tak lupa kami ucapkan juga terimakasih kepada beberapa pihak, Dinas Kebudayaan DIY yang telah mendukung dan memfasilitasi acara ini melalui Pendamping Desa Budaya, perguruan tinggi dalam hal ini UNY yang berkolaborasi bersama dalam program Kedaireka, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa kita sebut satu per satu", imbuhnya.

Merti Sriharjo merupakan wujud syukur masyarakat desa terhadap Tuhan yang telah memberikan karuniaNya sepanjang tahun, baik berupa panen yang melimpah maupun nikmat yang lain.

Hari Jadi Sriharjo yang diperingati dalam bentuk Merti Sriharjo adalah sebuah momentum kilas balik terjadinya kalurahan Sriharjo yang berada di kawasan selatan kota imogiri kabupaten bantul. Sriharjo terbentuk dari tiga kalurahan yaitu kalurahan kedungmiri, kalurahan dogongan dan kalurahan mojohuro yang bergabung menjadi satu dengan nama Kalurahan Sriharjo, peristiwa ini selalu diperingati pada setiap tahunnya dan dalam bentuk yang beraneka ragam menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Yang menjadi dasar dan selalu ada dalam setiap momen peringatan hari jadi Sriharjo adalah doa bersama untuk semua warga di Kalurahan Sriharjo agar selalu mendapatkan anugerah ketentraman dan kesejahteraan.

Rangkaian acara Merti Sriharjo dimulai pada 15 Oktober sampai 17 Oktober 2022. Berbagai pertunjukan kesenian dan permaninan tradisional akan ditampilkan pada malam harinya di halaman balai Kalurahan Sriharjo dengan penampilan unggulan adalah wayang kulit, gejog lesung, esteh anget, kethoprak sapta mandali, dan sendratari dewi sri yang merpakan koreografi tari Sriharjo yang diproduksi oleh putra putri Sriharjo. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penahanan Ferdy Sambo dkk Diperpanjang 30 Hari

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement