Advertisement

Pesta Pernikahan Berujung Petaka, Korban Tewas Miras Oplosan di Bantul Bertambah

CRA22
Senin, 17 Oktober 2022 - 12:47 WIB
Bhekti Suryani
Pesta Pernikahan Berujung Petaka, Korban Tewas Miras Oplosan di Bantul Bertambah Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Korban tewas akibat menenggak miras oplosan di Dusun Kowang, Puton, Trimulyo, Jetis, Bantul bertambah menjadi total tiga orang. Setelah dirawat di RSUD Panembahan Senopati selama 14 jam sejak Minggu, (16/10/2022) pukul 08.00 WIB, nyawa Ida Rusmanto, 49, tidak dapat tertolong. Dia dinyatakan meninggal pukul 22.00 WIB.

Kapolsek Jetis, AKP Hatta Azharuddin Amrullah, mengatakan pada Kamis, (13/10/2022) di Dusun Kowang sedang digelar hajatan pernikahan Donal yang merupakan adik kandung Daniel Krismanto, 24, korban tewas akibat miras oplosan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Bersama dengan Ida Rusmanto dan Adam Ardiyansah, Daniel menenggak habis miras dua botol plastik ukuran 400 mililiter.

Tak lama berselang, Kasihono, 42, datang. Dia diminta membeli miras satu botol dengan ukuran sama. Miras tersebut diminum habis berempat.

Terakhir, Muhamad Ihsan datang dan membawa dua botol miras berukuran sama. Sebelum pulang, lima orang tersebut menghabiskan dua miras tersebut.

BACA JUGA: Putri Candrawathi Berduaan dengan Brigadir J, Kuat Ma'ruf Singgung Duri dalam Rumah Tangga

Pada Sabtu, (15/10/2022) pukul 05.00 WIB, Muhammad Ihsan ditemukan tak sadarkan diri di rumahnya. Dia lantas dibawa ke RS Nurhidayah sekitar pukul 04.00 WIB. Selama kurang lebih 7 jam, kondisi korban tak mengalami perkembangan. Lalu, siang harinya, korban dirujuk ke RS Hermina Yogyakarta. Setelah mendapat perawatan selama kurang lebih 3,5 jam korban dinyatakan meninggal dunia.

Setelah Ihan, giliran Daniel mengeluh sakit di hari yang sama pukul 20.00 WIB lalu dibawa ke RS Nur Hidayah. Dia dinyatakan meninggal pada Minggu, (16/10/2022) pukul 06.00 WIB.

Advertisement

Tak berhenti di situ, di hari yang sama ketika Daniel meninggal, Ida Rusmanto, Kasihono, dan Adam Ardiyansah mengeluhkan hal yang sama. Kemudian, mereka bertiga berobat ke RSUD Panembahan Senopati.

Adam mendapat rawat jalan sedangkan Ida dan Kasihono dirawat inap. Nahas, pada pukul 22.00 WIB, Ida dinyatakan meninggal dan Kasihono masih dirawat di RSUD Panembahan Senopati.

Dengan begitu, total korban tewas akibat miras oplosan bertambah menjadi tiga orang yaitu Daniel Krismanto, Muhamad Ihsan, dan Ida Rusmanto.

Advertisement

Jelas Hatta, semua korban merupakan saudara. Seperti Daniel Krismanto yang merupakan sepupu Muhammad Ihsan.

Hasil analisa Polsek Jetis memaparkan gejala yang dialami korban meninggal dunia di RS Hermina dan RS Nurhidayah sangat indentik yaitu keduanya mengalami hilang kesadaran dengan jarak waktu yang tidak lama.

Sementara itu, Polsek Jetis telah melakukan penyelidikan dan penggeledahan terhadap terduga pelaku, Bobon, bukan nama sebenarnya, 25, di rumahnya pada Minggu, (16/10/2022) pukul 10.15 WIB. Namun polisi tidak menemukan minuman keras oplosan.

Menurut Hatta, Bobon mengaku sudah sejak lama tidak menjual miras.

Advertisement

Sedangkan Polsek Jetis masih belum dapat bertanya kepada korban lain karena informasi yang diberikan masih simpang siur akibat kesadaran mereka yang belum pulih sepenuhnya.

Penyelidikan terkendala akibat barang bukti yang didapat hanya dua botol bekas miras dengan sisa yang sedikit.

“Tigal botol lain sudah diloakkan,” kata Hatta ditemui di Polsek Jetis pada Senin, (17/10/2022). 

Apabila Bobon terbukti sebagai pelaku, dia terancam dijerat Pasal 204 Ayat (1), Ayat (2) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang perbuatan melawan hukum karena menjual barang yang membahayakan jiwa dan kesehatan.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 6 hours ago
Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warisan Pemberantasan Korupsi Jokowi: Amputasi KPK hingga Pangkas Hukuman Koruptor

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement