Advertisement

6 Anak di Jogja Meninggal Dunia, Kenali Gejala Ginjal Akut

Anisatul Umah
Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:47 WIB
Bhekti Suryani
6 Anak di Jogja Meninggal Dunia, Kenali Gejala Ginjal Akut Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kasus ginjal akut di DIY hingga kini telah menyebabkan enam orang anak meninggal dunia. Orang tua mesti waspada dengan gejala atau tanda-tanda terkait penyakit ini.

Bagi orang tua yang memiliki anak usia di bawah enam tahun disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika produksi urine anak berkurang ini perlu diperhatikan, baik dengan atau tanpa gejala demam.

Advertisement

Gejala lain diare, batuk, pilek juga perlu diwaspadai. Bagi anak-anak balita untuk sementara diimbau untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep dokter sampai pemerintah memberikan pengumuman resminya.

Spesialis Nefrologi Anak/Ginjal Anak, dr. Retno Palupi menyampaikan tanda-tanda awal adalah produksi urine dan frekuensinya berkurang. Misalnya dalam kurun waktu delapan jam, 12 jam, atau 24 jam.

"Kadang-kadang ada orang tua yang baru menyadari hal ini. Kami mengimbau orang tua untuk bisa melihat produksi kencing anak-anak tersebut dari pampers berkurang ini perlu diketahui. Gejala awalnya memang cenderung sama seperti penyakit-penyakit lain seperti demam, batuk, pilek, diare," jelasnya, dalam jumpa pers, Rabu (19/10/2022).

Koordinator Pelayanan Medis, dr. Purjanto Tepo Utomo mengatakan RSUP Dr. Sardjito melakukan antisipasi dengan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk merawat pasien-pasien gagal ginjal akut.

BACA JUGA: Larangan Resep Obat Sirup, Dinkes DIY: Anak Demam, Dikompres Saja

RSUP Dr. Sardjito telah menyiapkan tenaga ahli, dokter anak, dan ditunjang oleh dokter lainnya. Sarana prasarana untuk merawat pasien dan obat-obatan juga disiapkan.

"Kami lakukan antisipasi segala sesuatu yang dibutuhkan untuk perawatan pasien-pasien gagal ginjal akut. Intinya kami bersiap," paparnya. 

Sebelumnya, otoritas RSUP Dr Sardjito telah mengumumkan sudah enam orang anak meninggal dunia akibat ginjal akut. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 10 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Markas Pungli Pegawai KPK, 2 Rutan Ditutup

News
| Jum'at, 26 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement