Advertisement

2 Balita di Bantul Meninggal karena Gagal Ginjal, Pemkab Terjunkan Tim

Newswire
Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:27 WIB
Bhekti Suryani
2 Balita di Bantul Meninggal karena Gagal Ginjal, Pemkab Terjunkan Tim Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menerjunkan tim ke lapangan untuk menyelidiki kasus gagal ginjal akut atau acute kidney injury (AKI) yang menelan dua korban balita d wilayah ini. 

"Kami baru mendapatkan notifikasi kemarin (Rabu, 19/10/2022) sore, ternyata di Bantul sudah ada dua kasus, kasus yang didiagnosis suspek AKI, suspek gagal ginjal akut," kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Rahardjo di Bantul, Kamis (20/10/2022).

Advertisement

Dia mengatakan, dua kasus meninggal dunia akibat gagal ginjal akut tersebut menimpa dua balita yang masing-masing berusia 11 bulan dan tujuh bulan, mereka berasal dari Kecamatan Piyungan dan Sedayu.

Agus menyebutkan dua korban meninggal suspek AKI itu sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito, namun pihaknya belum menerima kabar dan konfirmasi dua bayi itu rujukan dari mana.

"Dan hari ini kita langsung melaksanakan penyelidikan epidemiologi untuk melakukan analisis terkait dengan riwayat anak tersebut, apa yang dikonsumsi dan apapun terkait epidemiologi," katanya.

Oleh karena itu, Dinkes Bantul segera menerjunkan tim kesehatan untuk melakukan kunjungan ke keluarga anak tersebut guna penyelidikan epidemiologi, dan menganalisis.

BACA JUGA: Tegas! Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Putri Candrawathi

"Kewajiban kami kalau ada kasus melakukan penyelidikan riwayat penyakitnya, termasuk pola makan, pola minum obat dan sebagainya, nanti kita akan ambil datanya akan kita analisis," katanya.

Dia juga mengatakan, tim epidemiologi dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dibantu teman Dinkes akan melakukan penyelidikan kasus tersebut.

"Kita juga ada mahasiswa epidemiologi yang di sini 'stanby' untuk kemudian kita minta bantuan untuk melakukan penyelidikan kasus ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement