Advertisement

HUT ke-72 IDI Masuk Rekor Muri, Ini Aksinya

Lugas Subarkah
Selasa, 25 Oktober 2022 - 23:27 WIB
Arief Junianto
HUT ke-72 IDI Masuk Rekor Muri, Ini Aksinya Salah satu peserta mengikuti donor darah di Kantor PMI Sleman, Selasa (25/10/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Rayakan HUT ke-72, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sleman menggelar donor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman, Selasa (25/10/2022). Kegiatan serupa digelar serentak oleh IDI di setiap daerah di seluruh Indonesia.

Ketua IDI Sleman, Rino Rusdiono menjelaskan kegiatan aksi donor darah dalam rangka HUT ke-72 IDI ini dilaksanakan secara serentak di masing-masing cabang IDI se-Indonesia yang nantinya akan dicatatkan dalam rekor Muri.

Advertisement

“Dalam rangkaian HUT ke-72 IDI ini, IDI se-Indonesia yang diinisiasi oleh pengurus pusat IDI melaksanakan aksi donor darah secara serentak. Dalam hal ini, IDI Sleman bekerja sama dengan PMI Sleman melaksanakan aksi donor darah di kantor PMI Kabupaten Sleman,” katanya.

Kegiatan yang mengusung tema Berbakti untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat menyasar keikutsertaan para dokter dan masyarakat umum. “Donor darah ini nantinya dicatat dalam rekor Muri aksi donor darah yang diikuti dokter di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

BACA JUGA: Hujan Deras, Warga Diminta Tak Tutup Saluran Drainase Sembarangan

Dalam memeringati HUT ke-72 IDI di Kabupaten Sleman, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan IDI Sleman, di antaranya pemeriksaan mata, operasi katarak, khitanan massal dan bakti sosial di wilayah Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka secara resmi penyelenggaraan kegiatan aksi donor darah ini. Dia menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan Aksi Donor Darah yang diselenggarakan oleh Ikatan Dokter Indonesia Cabang Sleman dalam rangka peringatan HUT ke-72 IDI.

Menurutnya, aksi donor darah ini mempermudah para pendonor yang ingin menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan.  "Penyelenggaraan aksi donor darah ini selain untuk mendukung pemecahan Rekor MURI ini saya harapkan juga dapat memotivasi masyarakat luas untuk secara rutin mendonorkan darahnya,” katanya.

Selain untuk memotivasi masyarakat agar ikut donor darah, kegiatan ini juga mendukung ketersediaan stok darah di Kabupaten Sleman. Terlebih sering kali PMI Kabupaten Sleman mengalami kekurangan persediaan darah dikarenakan banyaknya permintaan untuk transfusi darah. Sedangkan jumlah pendonor darah rutin masih terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement